Pembekalan Skripsi guna percepatan kelulusan Mahasiswa Fuad

Kampuss II IAIN Ponorogo. Dalam rangka mendapatkan target penyelesaian studi tepat waktu para mahasiswanya, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Ponorogo mengadakan pembekelan Penulisan Skripsi. Kegiatan ini dilakukan secara luring dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat.  Kegiatan ini secara khusus ditujukan kepada Mahasiswa Semester 8 di tiga Jurusan FUAD yang bertempat di Aula Gedung FUAD. Pembekalan berlangsung selama empat hari berturut-turut mulai hari Selasa, 19 Januari 2021 sampai dengan Jumat 22 Januari 2021.

Adapun para mahasiswa yang mengikuti yaitu dari Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) sejumlah 47 Mahasiswa, dari Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) tahap I sejumlah 41 orang, Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) tahap II sejumlah 40 orang, dan Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) sejumlah 38 orang. Sedangkan sebagai narasumber adalah Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Jurusan, dan Tim Rumah Jurnal IAIN Ponorogo. Dr. Muh. Tasrif, M.Ag. selaku Wakil Dekan Bagian Akademik dalam pembukaan acara tersebut mengatakan bahwa acara ini perlu dilakukan guna mempercepat para mahasiswa untuk bisa lulus tepat waktu. Beliau juga menekankan pada mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini harus tetap menaati protocol Kesehatan dengan ketat.

Dr. Ahmad Munir, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah dalam memberikan pengarahan menjelaskan kegiatan pendampingan pembekalan skripsi ini dilaksanakan guna mencapai tingkat kelulusan mahasiswa yang tepat waktu. Walaupun demikian, Bapak Dekan juga menekankan bahwa dalam penyelesaian skripsi sebaiknya tidak serta merta asal tepat waktu, namun juga proses skripsi dilakukan dengan baik dan tepat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan lulusan yang sesuai dengan tupoksi dan keahlian masing-masing mahasiswa dan sesuai jurusan.

Lebih lanjut, Bapak Munir menjelaskan, ‘’pembekalan ini mencakup tiga hal , yaitu yang pertama mengenai Sosialisasi Buku Pedoman Penulisan Skripsi, yang kedua Sosialisasi mengenai manajemen referensi, dan yang ketiga dalam rangka mengingkatkan kualitas penulisan skripsi ketua jurusan juga mensosialisasikan konten-konten apa yang akan menjadi objek kajian mahasiswa’’. ‘’Harapan dalam kegiatan ini, mahasiswa menyelesaikan studinya yang semester 8 itu kita ingin mematok 60 % selesei,  semester 9 yang 30 %, dan semester 10 itu 10 %. Harapannya nanti mahassiwa di Fakultas ini maksimal sampai semester 10 sudah selesei.’’

Berita Lainnya