Menu Tutup

Launching Laboratorium Ilmu al-Qur’an dan Tafsir IAIN Ponorogo.

Pagi ini, tepatnya pada pukul 08.00 WIB tanggal 26 Maret 2021, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah diramaikan dengan suara lantunan al-Qur’an oleh mahasiswa Jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Saat itu merupakan moment bersejarah bagi sivitas akademika Fakultas FUAD, Pasalnya, pada saat itu diresmikan Launching Laboratorium Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo, Dr. H. Ahmad Munir M.Ag. Acara peresmian ini dibuka dengan Khataman al-Qur’an 30 juz yang dipimpin oleh Umar Faruq Thohir, M.H.I., M.S.I. bersama mahasiswa Jurusan IAT secara bergilir. Setelah rangkaian acara demi acara terlaksana, peresmian ini akhirnya ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.

Laboratorium Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (singkat: LAB IAT) ini berguna sebagai wadah bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir serta seluruh sivitas akademika IAIN Ponorogo untuk mengakses Kitab-Kitab Tafsir dalam khazanah Islam. LAB IAT ini memiliki banyak koleksi Kitab Tafsir Asli serta ribuan link e-kitab Tafsir yang dapat diakses dengan mudah.

Berdirinya Laboratorium yang memiliki puluhan komputer terkoneksi internet ini berkat inisiasi dari Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir sendiri, yaitu Ibu Irma Rumtianing UH., M.S.I. “Dengan lahirnya Lab IAT ini saya berharap agar mahasiswa IAT secara khusus dan mahasiswa IAIN Ponorogo secara umum, dapat mengakses koleksi kumpulan kitab-kitab tafsir secara lengkap, cepat dan mudah,” demikian ungkap Ibu Irma.

Laboratorium yang berada di Lantai II Gedung FUAD ini dijaga oleh mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir secara bergantian. Setiap pengunjung yang masuk ke LAB IAT ini wajib mengisi buku kehadiran sebagai laporan kunjungan.

sumber : website Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir . Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah – Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

(http://iat.iainponorogo.ac.id/)

BERITA TERKAIT

Translate »