Workshop Penguatan Moderasi Beragama RMB IAIN Ponorogo dan Dema IAIN Ponorogo

Dalam rangka untuk terus menguatkan nilai-nilai moderasi beragama serta bagaimana pengaplikasian moderas beragama di kehidupan sehari-hari, Dema IAIN Ponorogo dan Rumah Moderasi Beragama IAIN Ponorogo menyelenggarakan workshop. Acara berlangsung di Aula Pascasarjana IAIN Ponorogo, Kamis 29 Juli 2021. Dengan mengusung tema “Meneguhkan Toleransi wujudkan NKRi”. Acara dihadiri langsung oleh Pimpinan IAIN Ponorogo, Segenap Pengurus Rumah Moderasi Beragama IAIN Ponorogo serta 35 Mahasiswa Perwakilan seluruh organisasi mahasiswa yang ada di lingkungan IAIN Ponorogo. Acara pun dilaksanakan dengan mematuhi protocol Kesehatan yang ketat sebagai ikhtiar untuk terus menanggulangi penyebaran covid-19.

Hadir dan membuka cara Workshop Penguatan Moderasi Beragama ini Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaiakan kepada para mahasiswa mengenai pentingnya moderasi beragama. Beliau menekankan bagaimana kita harus selalu berfikir moderat dalam kehidupan sehari-hari. Beliau juga menyampaikan pesan kepada para perwakilan mahasiswa organisasi tersebut, “Kalian adalah orang-orang terpilih yang nantinya akan menyampaikan mengenai moderasi beragama kepada organisasi kalian masing-masing”. Di sini, Rektor IAIN Ponorogo menekankan kepada mahasiswa yang hadir dalam kesempatan ini bahwa mereka harus menjadi agen moderasi beraagama untuk orang-orang di sekitar mereka.

Berikutnya adalah arahan dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Ponorogo, Bapak Dr. Aksin, M.Ag. Selaku Wakil Rektor yang membidangi kegiatan kemahasiswaan, dalam kesempatan yang bertemu langsung dengan para mahasiswa ini beliau menyampaiakan pesan agar para mahasiswa perwakilan organisasi ini untuk tidak hanya sekedar sebagai aktivis saja, namun beliau juga menekankan untuk menjadi mahasiswa yang mempunyai bekal intelektual yang bagus.

Sedangkan Ketua Rumah Moderasi Beragama IAIN Ponorogo, Dr. Basuki, M.Ag. dalam arahannya kepada para mahasiswa untuk melakukan penguatan dalam beragama. Cara-cara beragama yang selalu berlandaskan nilai-nilai moderasi.

Dengan adanya kegiatan Workshop Penguatan Moderasi Beragama ini maka diharapkan mahasiswa IAIN Ponorogo bisa untuk menguatkan moderasi beragama serta sebagai agen moderasi beragama di lingkungan mereka. Kesemua itu sesuai dengan tema workshop ini agar mewujudkan keutuhan NKRI.

Berita Lainnya