Studium General Fasya Hadirkan Hakim Konstitusi

IAIN Ponorogo – Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo menyelenggarakan Studium General Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022, dengan tema peran Mahkamah Konstitusi dalam Menegakkan Hak Konstitusional Warga Negara yang dilaksanakan di Graha Wathoe Dhakon pada Jumat, 18 Februari 2022.

Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih menjadi pemateri dalam stadium general untuk 300 mahasiswa IAIN Ponorogo yang hadir, menyebutkan jika dalam perlindungan hak konstitusional warga negara maka tidak lepas dari konsep negara demokratis yang pada konstitusinya memuat materi dasar, di antaranya berupa hak asasi manusia (HAM) dan pembatasan susunan kenegaraan, termasuk di dalamnya pembagian tugas antar lembaga. Sehubungan dengan hal ini, di Indonesia sebelum amandemen UUD 1945, materi pokok yang memuat materi dasar tersebut sangat minimalis.

Rangkaian acara ini diawali dengan sambutan-sambutan. Dekan Fakultas Syariah, Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I, dalam sambutannya memberikan gambaran tentang Fakultas Syariah dan telah berdirinya progam studi Hukum Tata Negara (HTN).

“Setelah sukses dengan dua progam studi, yang Alhamdulillah, para alumninya banyak berkiprah di dunia hukum. Izinkan saya memperkenalkan jurusan Hukum Tata Negara (HTN) yang terbilang masih baru dan muda, namun peminatnya cukup banyak”, tutur beliau.

Selanjutnya sambutan dari rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag, yang memperkenalkan IAIN Ponorogo secara global. Beliau juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara Studium Generale dan penandatanganan MoU dengan Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

“Acara yang sebelummnya didesain dengan, bahasa gampanganya, kecil-kecilan ini, berubah menjadi acara yang luar biasa. Terimakasih Fakultas Syariah.” begitu guyonan beliau di sela-sela sambutan.

Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M. Pada kesempatan kali ini, Pak Giri, sapaan akrab beliau, juga memberikan sepatah dua patah kata sebagai sambutan. Sambutan beliau cukup singkat, namun syarat makna. Dimana, beliau dibuat kagum dengan cinta yang diberikan IAIN Ponorogo dari hari ke hari.

“Setelah beberapa waktu yang lalu, menghadirkan menteri BUMN, Pak Erick Thohir, sekarang menghadirkan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, sungguh luar biasa”, sanjung beliau.

Berita Lainnya