Menu Tutup

Dukung Implementasi PTRG di Perguruan Tinggi, IAIN Ponorogo Menerima Dokumen Operasionalisasi PTRG untuk Ditindaklanjuti di Internal Institut

Dokumen Operasionalisasi Indikator Perguruan Tinggi Resposin Gender atau PTRG adalah tindak lanjut dari dokumen 9 indikator  PTRG yang disusun oleh Kemen PPA.  9 indikator versi Kemen PPA tersebut belum dioperasionalisasikan sehingga belum terimplementasi secara maksimal di perguruan tinggi. Oleh karena itu, PSGA IAIN Ponorogo yang diwakili oleh Irma Yuliani dan Lutfiana Dwi Mayasari bersama 7 kampus lainnya berkomitmen untuk membuat dokumen operasionalisasi PTRG.

Adapun ketujuh PSGA lainnya adalah PSGA IAIN Metro, UIN Walisongo Semarang, UIN Raden Mas said Surakarta, UIN Sultan Aji Muhammad Indris Samarinda, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Unisnu Jepara, dan IAIN Pekalongan. Penyusunan Dokumen Operasionalisasi Indikator Perguruan Tinggi Resposin Gender atau PTRG tersebut dilakukan selama 4 kali pertemuan. Pertemuan pertama dalam bentuk Workshop yang dilakukan di Solo pada tanggal 18 – 20 Januari 2022 dengan agenda pembahasan  Indikator Kelembagaan PSGA, SK Rektor tentang Pengarusutamaan Gender, dan Profil Gender di Perguruan Tinggi.

Pertemuan kedua juga dalam bentuk worshop yang dilakukan di Semarang pada Februari 2022 dengan agenda pembahasan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang responsif gender. Dilanjutkan dengan worksop ketiga pada 21-23 Maret 2022 yang dilakukan di Lampung dengan agenda pembahasan  indikator tata kelola dan PPRG.

Pertemuan terakhir dilakukan di Jakarta pada 6-8 Juni 2022 dengan agenda workshop finalisasi dan konsolidasi draff naskah Operasionalisasi Indikator Perguruan Tinggi Resposin Gender atau PTRG. Dilanjutkan dengan penyerahan dokumen tersebut ke masing-masing wakil rektor 1 dari setiap anggota alinasi PRTG.

Dengan diserahkannya Dokumen Operasionalisasi Indikator Perguruan Tinggi Resposin Gender atau PTRG  ke masing-masing kampus, diharapkan mampu ditindaklanjuti di tingkat internal kampus dan dirumuskan dalam bentuk kebijakan. Dokumen tersebut juga diserahkan kepada Kementerian Agama yang diwakili oleh Dr. Suwendi MAg selaku Kasubdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis), Kementerian Agama (Kemenag). Diserahkan juga kepada Kemen PPAyang diwakili oleh Deputi Bidang Kesetaraan Gender Dra. Lenny N. Rosalin, SE, M.Sc.

Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Ponorogo Dr. Mukhibat M.Ag menyambut baik kinerja aliansi PTRG Nasional tersebut. Beliau menerima penyerahan  Dokumen Operasionalisasi Indikator Perguruan Tinggi Responsif Gender dan akan menindaklanjuti implementasi lanjutannya di internal IAIN Ponorogo.

BERITA TERKAIT

Translate »