Mengenakan Baju Daerah, IAIN Ponorogo Peringati Hari Sumpah Pemuda 2022 “Bersatu Bangun Bangsa”

Setiap tanggal 28 Oktober kita peritngati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Hal ini sebagai peringatan apa yang sudah diperjuangkan oleh para pendahulu kita dalam Kongres Pemuda yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928. Sebuah peristiwa besar dalam laju menuju kemerdekaan Indonesia.

Hari ini bertepatan dengan tanggal 28 Oktober, segenap Sivitas Akademika IAIN Ponorogo mengadakan ucapara Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Acara diselenggarakan di Lapangan Rektorat IAIN Ponorogo. Hadir segenap pimpinan mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, para Dekan, dan segenap sivitas akademika lainnya.

Salah satu yang menjadi keunikan dan nilai plus dari upacara kali ini adalah para petugas upacara menggunakan baju adat. Sedangkan para peserta upacara menggunakan baju batik/daerah. Penggunaan baju adat ini bukan semerta tanpa arti. Namun bertujuan sebagai semangat kesatuan dari berbagai suku dan budaya untuk terus membangun peradaban kehidupan Indonesia.

Tema pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022 kali ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Sesuai dengan ketetapan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini sebegai cara untuk menghadirkan kembali sejarah masa lalu untuk kemudian direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi langkah menuju visi bangsa yang besar. Hal ini menjadi pembuka sambutan yang dibacakan Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. sesuai dengan isi Sambutan Peringatan Hari Sumpah Pemuda dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda menjadi pelajaran bagi kita bagaimana menyikapi perbedaan suku, agama, ras dan budaya. Perbedaan itu kemudian dipersatukan menjadi kekuatan yang kemudian dijadikan tonggak kuat menuju kemerdekaan.

 

Tema pada peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”, sesuai dengan keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa persatuan adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan guna menuju pembangunan peradaban yang unggul.

Pembangunan peradaban yang unggul menjadi tekad untuk meneruskan apa yang menjadi cita-cita terdahulu. Pemuda saat ini akan berperan pada masa yang akan datang dan apa yang dilakukan pemuda pada masa sekarang akan menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Demikian lanjutan sambutan peringatan Sumpah Pemuda.

Sebagai penutup dari sambutan peringatan sumpah pemuda kali ini adalah bahwa peringatan sumpah pemuda hari ini agar dijadikan momentum untuk meningkatkan semangat dalam membangun bangsa.

Berita Lainnya