Gandeng Siswa SMAN 3 Ponorogo, Mahasantri Ma’had Al-Jamiah IAIN Ponorogo Lakukan Pondok Ramadhan

Kesempatan bulan suci ramadhan kali ini terasa berbeda, khususnya bagi siswa siswi dari SMAN 3 Ponorogo, dimana ramadhan tahun ini mereka berkolaborasi dengan mahasantri di Ma’had Al-Jamiah IAIN Ponorogo dalam kegiatan pondok ramadhan yang dilaksanakan selama 3 hari yakni pada tanggal 1,2 dan 8 April 2023. Acara pembukaan pondok ramadhan ini di hadiri oleh Wakil Rektor 3 Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo beserta jajaran pengelola Ma’had Al jamiah, serta kepala SMAN 3 Ponorogo, Wakasek kesiswaan dan para guru PAI serta siswa siswi dari SMAN 3 Ponorogo. Berapa pihak menyampaikan tanggapannya dalam acara pembukaan pondok romadhon Ma’had Al-Jami’ah IAIN PONOROGO dengan SMAN 3 Ponorogo di gedung olahraga IAIN Ponorogo( 1/3/2023)

”Kerja sama yang bagus antara Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo dengan SMAN 3 Ponorogo untuk menyelenggarakan pondok ramadhan perdana. Kerja sama yang baik dalam memberikan kontribusi dan manfaat dengan menerima kerja sama sesuai dengan keinginan sekolah, meningkatkan kapasitas keilmuan agama dan perilaku-perilaku menjadi santri yang baik. Dengan harapan melahirkan santri yang didambakkan dengan kompetensi agama yang kuat, dan berperilaku yang baik di sekolah maupun masyarakat yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa terpenuhi.” Ujar Bpk. Dr. Miftahul huda, M.Ag. selaku Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan dan kerjasama

Nilai penting dari diselenggarakannya kegiatan pondok ramadhan siswa-siswi SMAN 3 Ponorogo di Ma’had Al-Jami’ah IAIN PONOROGO, menurut Bapak Dr. H. Saifullah selaku Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN PONOROGO “Kita sebagai lembaga yang menangani dalam pembelajaran dan pengembangan ilmu keagamaan ini merupakan kegiatan yang cukup baik sebagai bentuk implementasi dari salah satu tugas kita yaitu pengabdian kepada masyarakat kita menginginkan disini dapat menggunakan momentum di bulan ramadhan dengan sebaik baiknya untuk meningkatkan kerja sama dengan lembaga-lembaga lain sebagai bentuk implementasi tersebut. Jadi dengan waktu yang tidak lama yaitu kira-kira 24 jam ini kita paling tidak akan mengembangkan sebagian dari lifeskill mereka, betapa pentingnya lifeskill ini terutama terdapat kaitan dengan keilmuan keagamaan yang akan menjadi bekal bagi mereka nantinya ketika terjun di masyarakat dan ketika mereka masuk ke perguruan tinggi serta bergaul dengan banyak orang.”

Kemudian kepala SMAN 3 Ponorogo yaitu bapak Sasmito Pribadi juga menyampaikan bahwa “SMAN 3 Ponorogo memiliki program yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, yaitu berintegrasi peningkatan IMTAQ dan IPTEK. Pelaksanaan IMTAQ selain dilakukan diintra sekolah tapi juga dengan outdoor study dengan perguruan tinggi salah satunya dengan IAIN Ponorogo. Dengan harapan ada peningkatan ketakwaan, serta wawasan dari beberapa narasumber baik dari pengelola ma’hah maupun ustadz/ah mahad yang sekaligus dosen di IAIN Ponorogo ”
Rangkaian kegiatan pondok ramadhan di Ma’had Al-Jamia’ah IAIN ponorog bersama SMAN 3 antara lain pembukaan, tadarrus bersama, kajian fikih puasa, serta mengkaji kitab aqidatul awam ketika bada ashar kemudian dilanjut arbain nawawi setelah sholat tarawih berjamaah, dan diakhiri dengan mengkaji kitab qosidah burdah setelah shubuh.

Salah satu santri dari SMAN 3 Ponorogo menuturkan kesan dan pesannya bahwa “ ketika saya mengikuti kegiatan pondok romadhan di Ma’had Al-Jami’ah ini bisa menambah wawasan dan juga ilmu agama lebih mendalam dan lebih bermanfaat di bulan suci Ramadhan ini sekaligus menambah pahala. Untuk kesan saya selama mengikuti kegiatan pondok romadhon di Ma’had Al-Jami’ah IAIN PONOROGO sangat seru sekali dan banyak cerita yang terjadi ketika saya di kamar maupun pada saat pembelajaran materi sangat bahagia dan menikmati syukur alhamdulillah, contohnya ketika mau tidur tadi malam saya bercanda dengan teman saya dan juga ketika pembelajaran materi pengajarnya seru sekali juga ceria”.

Kami selaku keluarga besar Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang menyambut baik pembukaan kegiatan pondok ramadhan SMAN 3 Ponorogo dengan Ma’had Al-Jamiah IAIN Ponorogo.

Berita Lainnya