Talkshow Perempuan dan Politik, Rangkaian Dies Natalis ke-53

Humas IAIN Ponorogo – Dalam rangka Dies Natalis ke-53 IAIN Ponorogo menggelar Talkshow Perempuan dan Politik dengan tema “Menakar Peluang dan Tantangan Politik Perempuan di Ruang Digital”, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Indrakila Lt.3 Kampus 1 IAIN Ponorogo pada Senin (08/05/2023).

Dr. Miftahul Huda, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dalam sambutannya menyampaikan “Saya kira ini momentum yang luar biasa karena kampus kita akan berulang tahun yang ke-53, sudah 53 tahun IAIN Ponorogo hadir untuk memberikan manfaat dan menjadi maslahat bagi masyarakat di sekitar ponorogo.” Ujarnya.

“Kampus telah mempersiapkan hal sangat luar biasa di ulang tahun ini yakni kegiatan Talkshow Perempuan dan Politik, selain itu kami juga sedang mempersiapkan alih status dari IAIN Ponorogo menuju UIN Ponorogo yang betul-betul bisa berjalan dengan baik dan dapat terwujud di ulang tahun yang ke-53 ini.” Tutupnya.

Dengan menghadirkan Syah Muhammad Natanegara Wakil Bupati Trenggalek & Aktivis Muda Indonesia, Muallifa, S.Pd., M.Sc., Koordinator Puan Menulis, Iqbal Aji Daryono Influencer & Penulis sebagai narasumber serta Lutfiana Mayasari Penggiat Gender & Dakwah IAIN Ponorogo sebagai moderator.

Talkshow ini merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagaimana perempuan dapat berperan aktif dalam dunia politik. Sesuai dengan apa yang disampaikan Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag., saat memberikan Keynote Speaker.

“Memasuki era reformasi yaitu di tahun 1998, pada saat itu saya sedang menjadi mahasiswa dan saya tentunya menjadi mahasiswa yang berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Dan pada saat itu banyak terjadi hal-hal yang menyudutkan perempuan terutama terjadi pada mei 1998 karena banyak perempuan yang mengalami pelecehan.” Ucapnya.

“Ditahun yang sama diadakan kongres di Jogjakarta yang membahas mengenai bagaimana hal tersebut tidak terulang Kembali. Dari hasil kongres tersebut memberikan kesempatan kepada perempuan untuk diberi afirmasi 30% suaranya dalam berpolitik.” Tambahnya. (ARS)

Berita Lainnya