Buka PWN PTK XVI 2023, Menag berharap gerakan Pramuka mampu menghasilkan program yang inovatif, kreatif, dan berdampak pada masyarakat.

Gorontalo, 22/5/2023. Bertempat di Lapangan Utama Bumi Perkemahan IAIN Sutan Amai Gorontalo, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas membuka PWN PTK XVI IAIN Sultan Amai Gorontalo 2023. Acara pembukaan berlangsung Khidmah dan meriah.

Dihadiri oleh seluruh Peserta dan Pembina Kontingen PTK se-Indonesia, seluruh pimpinan PTK se-Indonesa, acara ini juga secara langsung dihadiri oleh Gubernur Gorontalo, Ir. Ismail Pakaya, M.E., Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementrian Agama RI, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT., Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag., Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Gusmen sapaan akrab Menteri Agama RI mengatakan, “Sudah menjadi keharusan gerakan pramuka untuk menyesuaikan diri dalam perubahan. Sudah saatnya menghindari kegiatan-kegiatan karikatif, seremonial belaka yang nir makna”. Beliau menjelaskan, bahwa perubahan itu pasti ada dan akan terus ada. Oleh karenanya kita harus aktif dalam menanggapi perubahan.

Pada tahun ini, PWN PTK XVI mengambil tema “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama.” Gusmen berharap melalui kegiatan ini Pramuka mampu mejadi gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman.


Pada akhir sambutannya, Gusmen berharap bahwa Gerakan Pramuka berharap gerakan pramuka mampu menelorkan program yang inovatif, kreatif, dan berdampak pada masyarakat. Beliau berharap Pramuka secara langsung mampu bermanfaat kepada masyarakat. Mampu mejadi garda depan dalam merawat perdamaian dan memperkokoh persatuan.

Pada akhir acara pembukaan ini, dilakukan parade kontingen peserta PWN PTK XVI 2023. Para kontingen peserta secara bergantingan dan beriringan memperkenalkan diri. Pada kesempatan ini, Kontigen IAIN Ponorogo melakukan parade dengan menggunakan pakaian khas Ponorogo, yaitu memakai baju Warok.

Berita Lainnya