Pramuka IAIN Ponorogo Bhakti Sosial untuk Masyarakat Tilihua, Limboto, Gorontalo.

Gorontalo, 23/5/2023. Salah satu hal yang diharapkan oleh Menteri Agama RI pada pembukaan PWN PTK XVI 2023 adalah Pramuka mampu memberikan aksi nyata untuk masyarakat. Pada PWN kali ini salah satu kegiatannya adalah Bhakti kepada masyarakat sekitar.

Bhakti kepada masyarakat dilakukan di desa Tilihua, Limboto, Gorontalo. Beberapa kilometer dari Bumi Perkemahan PWN PTK XVI 2023 ini. Bentuk bhakti social tersebut adalah para peserta PWN melakukan home stay/betinggal di rumah penduduk, kemudian melakukan kegiatan bhakti sosial yang bermanfaat untu masyarakat.

Dari pantaun kami, Humas IAIN Ponorogo. Setidaknya pada hari pertama ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan. Mulai dari membersihkan tempat-tempat ibadah, membersihkan sekolah, sampai pada memberikan materi Cinta Tanah Air kepada anak-anak sekitar. Kegiatan berikutnya yang dilakukan adalah melakukan aksi menanam pohon produktif.

Tempat ibadah yang menjadi target untuk dilakukan bakti kebersihan adalah di Mushola Al-iqlas dan Masjid Al Munawarah. Keduanya berada di Kelurahan Tilihua, Limboto, Gorontalo. Tampak terlihat peserta PWN XVI 2023 membersihkan area mushola dan masjid tersebut. Area sekitar tempat ibadah tersebut juga tak luput dari target untuk dibersihkan. Dengan bhakti kebersihan lingkungan tempat ibadah, diharapkan menjadikan tempat ibadah tersebut nyaman untuk digunakan.

Bhakti sosial lainnya adalah memberikan materi Cinta Tanah Air kepada anak-anak setempat. Bhakti ini dilakukan di SD 21 Limboto. Para peserta PWN PTK XVI 2023 dengan giat dan senang memberikan materi tersebut, dan dengan materi kepramukaan tentunya.

Kegiatan berikutnya yang dilakukan adalah melakukan aksi menanam pohon produktif. penanaman pohon ini dlakukan disekitar Kelurahan Tilihua, Limboto. Diharapkan ke depannya pohon ini akan bermanfaat untuk masyarakat.

Berita Lainnya