Sarasehan Penguatan Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka PTKIN

Gorontalo, 23/5/2023. Masih dalam rangkaian acara PWN XVI 2023, untuk semakin menguatkan dan memajuan Pramuka Perguruan Tinggi, diadakan sarasehan Wakil Rektor III. Acara digelar di Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus I IAIN Sultan Amai Gorontalo, 10.00- 12.00 WITA.

Salah satu yang menjadi tujuan sarasehan ini adalah sharing dan diskusi dalam rangka penguatan majelis pembimbing gerakan Pramuka PTKIN. Perkemahan Wirakarya Nasional, selain mempertemukan peserta Pramuka dari seluruh perguruan tinggi, juga mempertemukan para pimpinan Perguruan Tinggi dalam hal ini Wakil Rektor III. Ini menjadi momen baik guna semakin menguatkan Pramuka.

Pada sarasehan ini materi disampaikan oleh Wakil Ketua Kwartir Nasional/Ketua Komisi Organisasi dan Hukum (Orgakum), Kak Dr. Sigit Muryono M.Pd. Dalam pemaparannya, Kak Sigit memaparkan beberapa hal mengenai esensi Pramuka.

Salah satu manfaat Pramuka adalah bisa menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Karena pada dasarnya Gerakan Pramuka akan membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Selain itu juga memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Dari sini maka Gerakan Pramuka mempunyai peranan yang penting. Oleh karena itu, Majelis Pembimbing mempunyai peranan yang penting dalam mewujudkannya. Setidaknya ada tiga fungsi pokok Majelis Pembing, yaitu Fungsi Bimbingan, Majelis Pembing berhak hadir dalam setiap musyawarah apa pun di kwartirnya/ Gudepnya. Fungsi Dukungan, Membantu ketersediaan dana & tenaga, dan Fungsi Fasilitasi, Menyediakan sarana – prasarana Pendidikan.

Sarasehan ini bertujuan untuk sharing dan mendiskusikan langkah-langkah strategis Majelis Pembimbing guna semakin menguatkan dan mengoptimalkan Gerakan Pramuka.

Berita Lainnya