Bentuk Karakter Islami Generasi Muda, Mahasiswa IAIN Ponorogo adakan SANLAT

Ponorogo – Sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat, kelompok KPM desa Bungu telah menyusun beberapa program kerja yang akan direalisasikan pada masyarakat desa setempat. Salah satunya dengan mengadakan pesantren kilat yang akan dilaksanakan di Yayasan Al-Mubarok selama tiga hari.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter Islami generasi muda dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat bahwa pengajaran atau kegiatan keagamaan yang cenderung minim di Desa Bungu melalui kegiatan KPM IAIN Ponorogo ini diharapkan mempu menghidupkan kembali kegiatan keagamaan khususnya bagi anak-anak SD dengan membuat kegiatan pesantren kilat (SANLAT).

Peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang terdiri dari 19 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo secara aktif turut serta dalam kegiatan masyarakat. KPM dilaksanakan di desa Bungu kecamatan Bungkal Ponorogo selama 40 hari.

Selain fokus kepada program kerja yang akan dilaksanakan, kelompok KPM desa Bungu juga aktif dalam mengikuti kegiatan masyarakat sekitar, diantaranya seperti mengikuti yasinan rutin bersama jami’ah yasin Al- Hidayah. Ini  merupakan  salah  satu  kegiatan  rutin  yang  dilaksanakan  seminggu  sekali  tepatnya setiap hari Kamis malam Jum’at setelah sholat Maghrib. Kegiatan  yasinan  dilaksanakan  secara  bergantian  dengan  bertempat  di salah satu rumah warga.

Kegiatan rutin masyarakat lainnya yaitu posyandu balita. Beberapa perwakilan dari peserta KPM turut mebantu pelaksanaan posyandu ini, seperti membantu pengukuran tinggi badan dan merekap hasil pencatatan yang telah dilakukan oleh petugas.

Sementara itu, di bidang pendidikan kelompok KPM desa Bungu juga aktif dalam membantu kegiatan sekolah di SD Negeri Bungu. Ibu Dewi selaku kepala sekolah SD Negeri Bungu menyambut baik maksud dan tujuan peserta KPM IAIN Ponorogo. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini siswa-siswi akan melaksanakan kegiatan perkemahan selama tiga hari.

Untuk mewujudkan tercapinya program kerja KPM ini, peserta KPM membuka lebar kesempatan bagi masyarakat setempat apabila ada yang ingin memberikan  usulan  terkait  dengan  aktivitas  ataupun  kegiatan  yang  dapat mahasiswa laksanakan di Desa Bungu.

Berita Lainnya