Rektor IAIN Ponorogo Kunjungi Kuliah pengabdian masyarakat IAIN Ponorogo, memberi dukungan untuk mahasiswa

Humas IAIN Ponorogo – Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. mengunjungi Kuliah pengabdian masyarakat (KPM) IAIN Ponorogo, Minggu, 30 Juli 2023. Kunjungan dilaksanakan di Desa Bekare dan Desa Kunti Kecamatan Bungkal. Seperti diberitakan sebelumnya, Kuliah pengabdian masyarakat (KPM) IAIN Ponorogo telah berlangsung Juli-Agustus, dan pada kali ini terdapat 125 kelompok yang tersebar di Ponorogo dan sekitarnya.

Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. mengunjungi kedua Desa tersebut sebagai monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat. Beliau langsung terjun ke lapangan untuk secara lebih dekat bisa mengetahui jalannya KPM.

Lebih lanjut lagi, rektor IAIN Ponorogo mengunjungi para mahasiswa yang melakukan KPM dan secara personal beliau memberi arahan dan dukungan langsung kepada mahasiswa di lapangan. Seperti yang sering beliau lakukan terhadap kegiatan-kegiatan mahasiswa yang lain.

Nampak keharmonisan dari suasana di kunjungan tersebut. Para mahasiswa juga mengaku senang, pimpinan dapat berkunjung langsung di lokasi KPM mereka.

Seperti ditulis di atas, ada dua lokasi yang menjadi tujuan kali ini dari kunjungan tersebut, yaitu kelompok KPM Mono Disiplin di Desa Bekare dan Desa Kunti. KPM Mono Disiplin  Desa Bekare sendiri dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Husna Ni’matul Ulya, M.E.Sy. sedangkan KPM Mono Disiplin  di Desa Kunti dibimbing oleh Ibu Martha Eri Safira, S.H., M.H.

Kunjungan KPM ini bertepatan juga dengan acara pengajian muslimat ahad pahing Kecamatan Bungkal  yang pada saat kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Bupati Ponorogo.

KPM Mono Disiplin IAIN Ponorogo di Desa Bekare.

Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Monodisiplin yang dalam hal ini Perbankan Syariah yang berlangsung selama 40 hari, mulai dari 3 Juli hingga 9 Agustus 2023.

Program kerja inti KPM Monodisiplin Perbankan Syariah ini meliputi beberapa kegiatan yang ditujukan untuk memberikan manfaat nyata kepada masyarakat desa Bekare. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan branding dan digital marketing, dimana mahasiswa memberikan pemahaman kepada warga desa tentang pentingnya membangun merek dan memanfaatkan media digital dalam mempromosikan produk dan layanan mereka. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha di desa Bekare untuk memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan daya saing mereka.

Mahasiswa juga terlibat dalam pendampingan sertifikasi halal, dengan memberikan bimbingan dan arahan kepada pelaku usaha lokal untuk memenuhi persyaratan sertifikasi halal.

Dalam upaya meningkatkan literasi produk keuangan syariah, mahasiswa juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang prinsip-prinsip dasar dan manfaat menggunakan produk keuangan syariah. Mereka berbagi pengetahuan tentang produk seperti tabungan syariah, pembiayaan mikro syariah, dan investasi syariah, serta memberikan pemahaman tentang keuntungan dari menggunakan produk keuangan syariah.

Selain program inti tersebut, mahasiswa juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan masyarakat di desa Bekare. Mereka mengajar di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), memberikan pengajaran ngaji kepada lansia, serta berpartisipasi dalam kegiatan rutin warga seperti pengajian muslimat ahad pahing yang pada saat kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Bupati Ponorogo dan Camat Bungkal.

KPM Mono Disiplin IAIN Ponorogo di Desa Kunti.

Salah satu kegiatan pada Kuliah Pengabdian Masyarakat di Desa Kunti adalah Sosialisasi Pemilu 2024. Kegiatan Sosialisasi pemilu 2024 ini di maksudkan agar masyarakat desa Kunti mengetahui tentang hak-hak konstitusional warga negara dalam menghadapi pesta demokrasi yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2024.

Tema dari sosialisasi ini adalah Upaya Mahkamah Konstitusi Dalam Menjaga Hak-Hak Konstitusional Masyarakat Desa Kunti. Kegiatan ini dihadiri oleh Perangkat Desa Kunti, LPMD, BPD, Pantarlih dan masyarakat Desa Kunti sendiri. Kegiatan ini diisi langsung Oleh Ibu Dr.Adv Wilma Silalahi, S.H,M.H,C.Med. Panitera Pengganti Mahkamah Konstitusi RI sebagai Narasumber utama, Kepala Bawaslu Ponorogo dan Ketua KPU Ponorogo.

Selain mengadakan Sosialisasi Pemilu 2024, kelompok KPM Mono Disiplin IAIN Ponorogo juga mengadakan sosialisasi terkait keluarga. Sosialisasi ini mengambil tema Trik Membangun Keluarga yang Harmonis dan Mencegah Perkawinan Dini. Dengan menghadirkan narasumber dari LKBH IAIN Ponorogo yang diwakili oleh Lia Noviana, M. H. I. dan KUA Bungkal Syukron Abdul Kharis, S. Ag., diharapkan mampu memberikan manfaat yang lebih baik bagi keluarga di desa Kunti.

Berita Lainnya