Peserta KPM IAIN Ponorogo Lakukan Sosialisasi Guna Cegah Bullying di SD

Bertempat di SD Negeri 2 Ketro, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur, Mahasiswa IAIN Ponorogo mengadakan sosialisasi pengenalan diri dan pencegahan Bulliying di lingkungan sekolah dasar pada Kamis, 20 Juli 2023,.

            Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 4, 5, dan 6 SD Negeri 2 Ketro dengan jumlah peserta sebanyak 45 peserta didik yang dikumpulkan dalam satu kelas Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap siswa mengenai bagaimana  cara mengenali diri sendiri mulai dari anggota tubuh yang boleh dan tidak boleh dilihat dan disentuh orang lain dan siapa saja orang terdekat kita serta memberikan pemahaman terhadap peserta didik mengenai bullying dan dampak perilakunya bagi pelaku maupun korban.

            Kegiatan ini di selenggarakan oleh Mahasiswa KPM TEMATIK GENDER 116 IAIN Ponorogo. Acara dibuka dengan semangat besama-sama meneriakkan yel-yel gembira. Selanjutnya sosialisasi di bagi menjadi dua sesi, sesi pertama adalah mengenai Pencegahan Bullying dan sesi kedua adalah materi tentang pengenalan diri sendiri, Setelah sesi pertama berakhir peserta sosialisasi diberi beberapa pertanyaan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa akan materi yang telah disampaikan dilanjut dengan icebreaking dan istirahat selama 15 menit.

Sebelum memasuki sesi kedua peserta sosialisasi diajak untuk bernyanyi bersama dengan lagu potong bebek angsa dan naik delman hal ini bertujuan untuk memberikan semangat pada peserta sosialisasi, setealah materi sosialisai yang kedua peserta diberi pertanyaan kembali yang bertujuan sebagaimana yang telah dijelaskan diatas selanjutnya menyanyikan lagu sayonara dengan posisi berdiri melingkar bertujuan untuk menciptakan rasa kebersamaan  dan persaudaraan antar siswa maupun pemateri, diakhiri dengan sesi foto bersama meliputi kepala sekolah dan semua warga sekolah.

Feedback dari siswa-siswi SD Ketro sangat baik mereka antusias mendengarkan materi  serta menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri begitu juga feedback dari kepala sekolah maupun dewan guru sangat baik.

“Alhamdulillah terimakasaih banyak bagi mahasiswa yang telah memberikan sosialisasi terhadap murid di sekolah kami, materi tersebut sangat penting sekali untuk siswa-siswi kami, serta saya berharap kedepannya antara sekolah dengan mahasiswa masih terus terjalin hubungan silaturahim yang baik”, jelas Kepala Sekolah.

Berita Lainnya