PBAK 2023 IAIN PONOROGO RESMI DIBUKA!

Rapat terbuka senat Institut Agama Islam Negeri IAIN) Ponorogo dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023 telah resmi di buka oleh ketua senat Dr. H. Agus Tricahyo, M. A. Kegiatan PBAK pada tahun ini mengambil tema Meneguhkan Nilai Menghargai Perbedaan Rasa Demi Kemajuan Nusantara dengan harapan mahasiswa muda dapat bereran aktif demi kemajuan nusantara.

Sebanyak 2488 mahasiswa baru yang mengikuti PBAK 2023 patut untuk bersyukur. Ini karena tidak semua calon mahasiswa yang mendaftar di IAIN Ponorogo pasti diterima. Sebelumnya, IAIN Ponorogo membuka tiga jalur masuk yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri.

“Sebanyak 2488 mahasiswa ini adalah hal yang harus disyukuri, karena tidak semua yang daftar di IAIN Ponorogo Bisa diterima, karena itu ketika sudah berstatus mahasiswa baru tolong tekuni untuk belajar,” jelas Wakil Rektor III Dr. Miftahul Huda, M. Ag.

Usai rapat senat terbuka digelar, acara dilanjutkan dengan perkenalan dan penyampaian materi dari jajaran rektorat yang terdiri dari rektor dan para wakil rektor. Kemeriahan acara bertambah dengan kehadiran rektor IAIN Ponorogo Dr. Hj. Evi Muafiah, M. Ag. yang turut membaur bersama mahasiswa baru dengan bernyanyi bersama.

Pada kesempatan ini, wakil rektor bidang akademik dan kelembagaan Dr. Mukhibat, M. Ag. berpesan kepada mahasiswa baru untuk dapat belajar dengan mandiri, berekspresi dengan mandiri, berinovasi dengan mandiri, berkreasi dengan mandiri dan berkarya dengan mandiri. Beliau juga berpesan agar mahasiswa baru dapat menyelesaikan studi dengan tepat waktu dalam 8 semester atau 4 tahun.

“Saat ini IAIN Ponorogo  menekankan pada ketepatan penyelesaian studi, yaitu selama 4 tahun, jangan sampai terjadi DO atau molor studi,” pesan Dr. Mukhibat, M. Ag.

Wakil rektor II berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk selalu peduli terhadap proses administrasi. “Mulai saat ini mahasiswa harus care terhadap persoalan administrasi, baik terkait administrasi pendidikan didalam keuangan maupun pendidikan didalam kelas, maka dari itu manfaatkan semua informasi yang terkait dengan saudara selama kuliah di IAIN Ponorogo,” jelas Dr. H. Agus Purnomo, M. Ag.

Di akhir acara penyampaian materi dari jajaran rektorat, Wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr. Miftahul Huda, M. Ag. menyampaikan bahwa pada PBAK kali ini mahasiswa baru diminta untuk membuat esai singkat terkait dengan moderasi beragama. Tentunya, mahasiswa baru akan dibekali dengan tiga materi yang akan disampaikan oleh tiga narasumber. Ketiga materi tersebut diantaranya yaitu tentang Homo Digitalis, Islam dan Wawasan Kebangsaann serta materi Sosialisasi PSGA.

Nantinya, kegiatan PBAK akan dibagi menjadi dua, yaitu PBAK Institut dan PBAK Fakultas. PBAK Institut akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 12 Agustus 2023. Sedangkan PBAK Fakultas akan dilaksanakan di fakultas masing-masing pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2023.

Berita Lainnya