PBAK 2023 ditutup dengan Bakti Sosial, Tumbuhkan Kepedulian kepada Masyarakat

IAIN Ponorogo. Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Ponorogo Tahun 2023 resmi ditutup, Sabtu 12 Agustus 2023. Acara berlaangsung di Kampus II IAIN Ponorogo. Diikuti oleh semua mahasiswa baru, semua mahasiswa panitia PBAK, para Pimpinan, dan tenaga kependidikan.

Hari sabtu tersebut adalah acara hari terakhir PBAK Tahun 2023. Dimana diberitakan sebelumnya juga dilakukan PBAK tingkat fakultas Kamis-Jumat dan pembukaan PBAK pada hari Rabu-nya.

Sebelum acara penutupan dilaksanakan, dilakukan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK). Seluruh UKM dan UKK di lingkungan IAIN Ponorogo berpartisipasi, melakukan presentasi dan menunjukkan kemampuan guna menarik mahasiswa baru.

Pada acara ini juga dilakukan pemberian penghargaan bagi para mahasiswa berprestasi IAIN Ponorogo. Mereka memperoleh juara di beberapa ajang bergengsi. Ini guna memberikan inspirasi bagi para mahasiswa baru untuk bisa mengembangkan diri dan berprestasi bersama IAIN Ponorogo.

Acara ditutup langsung oleh Wakil Rektor III, Dr. Miftahul Huda, M.Ag. dalam sambutannya beliau menghaturkan rasa syukur dan mengapresiasi kegaiatan PBAK tahun 2023 ini. Bapak Huda juga mengharapkan agar nantinya para mahasiswa baru dapat berprestasi seperti kakak mahasiswa tersebut.

Pak Huda kemudian memberikan pesan kepada mahasiswa baru agar mempunyai tiga karakter mahasiswa. Tiga karakter tersebut adalah Kritis, Dinamis, dan Damai. Ketiga karakter ini penting untuk dipegang dan diaplikasikan nantinya selama menjadi mahasiswa.

Tumbuhkan Kepedulian kepada Masyarakat  dengan Bakti Sosial.

Salah satu titik fokus pada PBAK Tahun 2023 ini adalah upaya untuk meningkatkan kepedulain mahasiswa kepada masyarakat sekitar. Selain sebelumnya juga dilakukan pemberian materi guna meningkatkan pemahaman moderasi beragama kepada mahasiswa baru.

Kepedulian kepada masyarakat ini kemudian ditumbuhkan dengan mengadakan bakti sosial pad PBAK 2023. Bakti sosial dengan memberikan berbagai macam barang yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

Pemberian barang-barang tersebut dilakukan langsung oleh mahasiswa baru, dengan beberapa perwakilan dibantu oleh kakak mahasiwa pembimbing kelompok. Yang menjadi sasaran dari bakti sosail ini adalah masyarakat sekitar baik kampus I maupun kampus II, beberapa pondok pesantren, juga kepada masyarakat yang membutuhkan lain seperti tukang becak.

Dalam sambutannya sebelum melakukan pelepasan bakti sosial, Wakil Rektor III Bapak Huda mengungkapkan rasa terimakasih dan mengapresiasi penuh pada para mahasiswa baru dalam bakti sosial ini.  Barang-barang yang akan diberikan kepada masyarakat tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat nyata.

Selanjutnya dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, diharapkan mampu menumbuhkan nilai rasa kepedulain mahasiswa baru kepada lingkungannya.

Penampilan Reyog Watoe Dhakon dan UKM SEIYA.

Acara benar-benar ditutup dengan penampilan memukau dari Reyog Watoe Dhakon dan UKM Seni Budaya SEIYA di lapangan sepakbola. Penampilan seni Reyog ini juga sebagai media untuk terus melestarikan budaya. Dialnjutkan musik mampu melepaskan rasa lelah selama PBAK.

Berita Lainnya