Semarak Pakai Baju Adat Daerah, IAIN Ponorogo Gelar Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78

17 Agustus 2023, IAIN Ponorogo menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Acara dilaksanakan di halaman Kampus II IAIN Ponorogo. Diikuti oleh Sivitas Akademika IAIN Ponorogo, baik pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan juga mahasiswa. Menariknya, seluruh peserta upacara mengenakan baju adat daerah. Ini merupakan simbol semangat nasionalisme seluruh keluarga besar IAIN Ponorogo.

Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus, sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia IAIN Ponorogo pada hari ini turut serta dan ambil bagian dalam memperingati dan memeriahkannya. Seperti Surat Edaran dari Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia mengambil tema TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU. Mengandung makna untuk terus berpartisipasi demi kemajuan Indonesia.

Upacara Bendera sudah disiapkan dan dimuali dari pagi, sebagai Pembina upacara adalah Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. Petugas lainnya dari dosen dan tenaga kependidikan, dengan pengibar bendera adalah dari UKM Pramuka IAIN Ponorogo dan paduan suara dari UKM SEIYA.

Seperti disebutkan di atas, pada upacara kali ini seluruh peserta upacara mengenakan baju adat daerah. Ini mencerminkan semangat nasionalisme dari seluruh keluarga besar IAIN Ponorogo. “mengikuti upacara dengan memakai baju adat daerah ini, merupakan bentuk nyata dari rasa nasionalisme Anda semua. Rasa cinta tanah air”. Ungkap Rektor IAIN Ponorogo dalam amanat upacara. Beliau juga melanjutkan bahawa baju adat daerah ini juga merupakan cerminan dari kesatuan dan persatuan. “Kehadiran semua peserta upacara ini dengan memakai baju apapun, pada dasarnya adalah bentuk nyata rasa cinta kepada tanah air” Lanjut beliau.

Semua kesemarakan upacara bendera ini mencerminkan rasa nasionalisme dari seluruh keluarga besar IAIN Ponorogo. Berbagai macam baju adat daerah juga mencerminkan kemajemukan  dan keberagaman budaya nusantara itu sendiri. Selain itu juga mencerminkan  nilai-nilai Pancasila dalam menjaga  dan mengutamakan kerukunan dan persatuan.

Pemberian Satyalencana Karya Satya.

Pada upacara bendera kali ini juga diberikan penghargaan Satyalencana Karya Satya kepada Pegawai negeri Sipil di lingkungan IAIN Ponorogo. Satyalencana Karya Satya tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada para Pegawai Negeri Sipil yang telah melaksanakan tugasnya dengan menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta telah bekerja secara terus-menerus.

Berikut adalah daftar nama penerima tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya.

  1. Saifullah, M.Ag. Tanda Kehormatan XXX Tahun.
  2. Miftahul Huda, M.Ag. Tanda Kehormatan XX Tahun.
  3. Mohamad Choirul Anam, SE., M.E.Sy. Tanda Kehormatan XX Tahun.
  4. Agung Musyaffa Sjamsoeddin, SE. Tanda Kehormatan XX Tahun.
  5. Aji Damanuri, M.E.I. Tanda Kehormatan XX Tahun.
  6. H. Ahmad Mujib, M.Ag. Tanda Kehormatan XX Tahun.
  7. Nurjanah, S.H. Tanda Kehormatan XX Tahun.
  8. Nur Rahmawati Hamidah, S.Ag., M.Si. Tanda Kehormatan XX Tahun.

Berita Lainnya