Empat Dosen IAIN Ponorogo Mengikuti Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula di PTP UIN Mataram

Ponorogo, 21 Agustus 2023 – Empat dosen dari IAIN Ponorogo telah resmi mengikuti Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Islam bersama dengan Balai Diklat Kementerian Agama. Acara yang berlangsung di PTP UIN Mataram tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia yang diwakili oleh Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Muhammad Ali Ramdani, pada tanggal 15 Agustus 2023.

Dosen IAIN Ponorogo yang berkesempatan mengikuti program ini antara lain Faruq Ahmad Futtaqi., M.E., Anjar Kususiyanah., M.Hum., Yunaita Rahmawati.,M.Si., dan Risma Dwi Arisona., M.Pd. Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dosen PTKI agar memiliki kecakapan mengajar serta kompetensi akademi yang baik.

Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam, Prof. Ahmad Zainul Hamdi, menyampaikan bahwa short course PKDP tahun ini difokuskan pada empat dimensi substansi. Pertama, kompetensi pedagogik terkait pembelajaran yang efektif. Kedua, pembinaan karir dosen terkait pencapaian target jabatan tertinggi sebagai guru besar. Ketiga, karya ilmiah terkait kontribusi perguruan tinggi terhadap pengembangan keilmuan. Dan keempat, moderasi beragama terkait penguatan cara pandang, sikap, dan perilaku keberagamaan yang moderat.

Diluar keempat substansi tersebut, program ini juga diharapkan dapat memperkuat jaringan kolaborasi antar dosen serta menginspirasi inovasi dalam proses pembelajaran. Kolaborasi ini penting untuk memastikan bahwa pendidikan terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat. Selain itu, dengan berada di lingkungan yang berbeda, yaitu di PTP UIN Mataram serta 120 peserta dari berbagai perguruan tinggi baik PTKIN maupun PTKIS diharapkan para dosen dapat mendapatkan perspektif baru dalam pendekatan pembelajaran serta metode pengajaran.

Untuk mencapai target tersebut, peserta akan melalui tiga tahapan kegiatan, yaitu In Service Course I, On The Job Course, serta In Service Course II. Keseluruhan kegiatan tersebut memiliki durasi total sebanyak 60 hari. Para dosen yang mengikuti program ini diharapkan nantinya dapat kembali ke IAIN Ponorogo dan menerapkan ilmu serta pengalaman yang telah diperoleh untuk meningkatkan kualitas pendidikan di institusi tersebut.

Sumber: Humas IAIN Ponorogo

Berita Lainnya