Perkuat Kemitraan Internasional, IAIN Ponorogo Bangun Kerja Sama Dengan Krirk University Bangkok Thailand

 

Internasionalisasi perguruan tinggi adalah suatu keniscayaan yang harus segera direalisasikan. Hal ini lantaran adanya globalisasi dan era society 5.0 menyebabkan perkembangan global yang terus menerus mengalami pembaharuan. Perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia juga dituntut untuk mengikuti perkembangan dunia dengan pengembangan ilmu pengetahuan, memperkuat jaringan, inovasi, dan kolaborasi antar institusi baik di dalam maupun di luar negeri.

Dengan tuntutan tersebut IAIN Ponorogo tengah gencar melakukan upaya kerja sama internasional. Dr. Hj. Evi Muafiah,M.Ag. Selaku Rektor IAIN Ponorogo menandatangai langsung MoU dengan Presiden Krirk University, Prof. Dr. Krasae Chanawong di Bangkok Thailand pada hari Selasa, (12/009/2023). Adapun poin MoU yang diharapkan bisa di implementasikan yaitu joint research collaborations, lecturers and Students exchange, collaborations international conference, dan students mobility program, serta terdapat beberapa poin lainnya.

Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. menyampaikan pentingnya MoU ini untuk dilaksanakan, karena kemitraan internasional ini merupakan bentuk dari program internasionalisasi yang diharapkan dapat membawa IAIN Ponorogo menjadi kampus yang mampu menghadapi tantangan global. Krirk University sebagai salah satu kampus terbaik di Thailand yang juga tergabung dalam Asian Islamic University Association (AIUA) juga memiliki fokus pada kajian Islam, hal ini tentunya selaras dengan IAIN Ponorogo yang berfokus pada kajian dan pengembangan kajian ilmu  Islam. Melalui kolaborasi ini nantinya akan menguntungkan kedua belah pihak, yaitu dari Krirk University Bangkok Thailand dan IAIN Ponorogo. Selanjutnya kerja sama ini dapat ditindak lanjuti melalui MOA ataupun program-program strategis pada masing-masing fakultas untuk mendukung program internasionalisasi yang ada.

Berita Lainnya