Bangun Jejaring Penelitian Internasional, IAIN Ponorogo Jalin Kerjasama dengan Korea Alumni Association of Cambodia (KAAC)

Berlokasi di kantor Kementerian Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kamboja, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo dan Korea Alumni Association of Cambodia (KAAC) menandatangani perjanjian kerja sama. Kerjasama ini bertujuan untuk memperluas peluang belajar, meningkatkan pemahaman lintas budaya antara kedua negara dan memperkuat moderasi beragama. Penandatanganan MOU dilakukan pada tanggal 30 Agustus 2023.

 

Delegasi IAIN Ponorogo disambut dengan hangat oleh Presiden KAAC, Dr. Chhai Pengsrorn, dan anggota yang lain. Beberapa poin yang disepakati dalam kerjasama tersebut antara lain research collaboration, community service, cultural understanding program, dan penguatan moderasi beragama. Para mahasiswa dari IAIN Ponorogo berkesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Kamboja yang diselenggarakan oleh KAAC, sementara mahasiswa dari Kamboja yang merupakan anggota KAAC dapat memanfaatkan peluang serupa di IAIN Ponorogo.

Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Evi Muafiah, M.Ag., dalam sambutannya menyatakan, “Kerja sama ini bukan hanya tentang pendidikan, tetapi juga tentang membangun jaringan dan memperdalam pemahaman antarbudaya, serta pengejawantahan moderasi beragama. Kami yakin bahwa ini adalah langkah positif dalam menjembatani hubungan antara Indonesia dan Kamboja, khususnya di pendidikan tinggi.”

 

Dr. Chhai Pengsrorn, Presiden KAAC, juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama ini. “Kami sangat antusias dalam mengembangkan hubungan ini dengan IAIN Ponorogo. Kami percaya bahwa pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya adalah kunci untuk memahami dan menghargai perbedaan antara dua negara, dan kerja sama ini akan menjadi landasan yang kokoh bagi hubungan bilateral yang lebih baik.”

Selain aspek akademik, kerja sama ini juga merencanakan kegiatan non akademik seperti pameran seni, pertunjukan tradisional, dan lokakarya kebudayaan yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman belajar dan hidup mahasiswa.

 

Kerja sama antara IAIN Ponorogo dan KAAC diharapkan mampu mengangkat kredibilitas IAIN Ponorogo sebagai kampus unggulan bereputasi internasional.

 

Berita Lainnya