Inspektoral Jenderal bersama SPI IAIN Ponorogo Matangkan Strategi Penguatan

Dalam rangka menindaklanjuti penguatan kapabiltas SPI, Inspektoral Jenderal Kemenag RI bersama SPI terus mematangkan strateginya. Seperti diberitakan sebelumnya, telah dilakukan penandatanganan kesepakatan pembangunan kapabilitas SPI bersama Pimpinan PTKN dan Inspektur Jenderal Kemenag, pekan lalu.

Dalam minggu ini, dilakukan pematangan strategi dalam penguatan SPI ini antara Inspektoral jenderal Kemenag dengan SPI di ketujuh PTKN yang menjadi Pilot Project pengembangan SPI. Tim dari Itjen datang langsung ke PTKN, berkolaborasi langsung dengan SPI guna mematangkan detail-detail strategi penguatannya.

 

Disebutkan juga dalam petemuan sebelumnya, ada beberapa langkah strategi yang akan dibuat. Langkah tersebut meliputi strategi jangka pendek, strategi jangka menengah, dan strategi jangka Panjang.

Pada strategi jangka pendek, aspek penguatan meliputi penguatan pada kelembagaan, SDM, dan kualitas pengawasan. Sedangkan pada strategi jangka menengah hal yang dilakukan meliputi joint audit antara SPI dan Itjen Kemenag, menaikan grade struktur Lembaga SPI, pengusulan  jabatan Sekertaris dan Anggota SPI dijabat oleh Jabatan Fungsional Auditor sementara ketua dapat tetap dari unsur Dosen sebagai tugas tambahan. Diusulkan juga adanya peran pembinaan dari Inspektorat Jenderal terhadap SPI, pemantauan implementasi kebijakan pengawasan SPI, membuat blueprint sistem IT untuk pengawasan SPI, dan melakukan rekrutmen anggota SPI sesuai dengan anjab ABK.

Sedangkan untuk startegi jangka panjang meliputi penyusunan Kebijakan Pengawasan Teknis SPI, telaah Sejawat Antar SPI, dan melakukan penjaminan mutu kapabilitas SPI.

Berita Lainnya