Pembukaan kegiatan hari santri, Ma’had Al jamiah adakan maulidurrasul & pengajian

Dalam rangka pembukaan rangkaian kegiatan hari santri di Ma’had Al jamiah IAIN Ponorogo, mahasantri beserta para pengelola Ma’had dan musyrif-musyrifah menggelar acara maulidurrasul dan pengajian pada Jumat malam (20/6).

Kegiatan tadi malam merupakan pembuka dari rangkaian kegiatan memperingati hari santri yang akan berlangsung selama tiga hari sejak Jumat hingga Ahad (20-22 Oktober 2022).

Mudir Ma’had Al jamiah IAIN Ponorogo , Dr. Saifullah, M.Ag dalam sambutannya membuka rangkaian kegiatan peringatan hari santri menjelaskan bahwa jihad santri di zaman ini bukan lagi jihad fisik sebagaimana yang dahulu dilakukan oleh para santri pada masa revolusi kemerdekaan berperang melawan penjajah. Jihad santri yang semestinya dilakukan saat ini adalah dengan berjuang sekuat tenaga untuk memerdekakan diri dari kebodohan, memenuhi diri dengan berbagai macam ilmu, wawasan, dan keterampilan untuk kepentingan kemajuan dan kejayaan negeri, sesuai dengan tema yang diusung pada hari santri tahun ini yaitu “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Selanjutnya setelah acara tersebut akan diadakan pula Kirab hari santri, kemudian pentas kreativitas mahasantri pada hari Sabtu, disusul dengan acara pembacaan 4444 shalawat nariyah bersama rektor dan jajaran pimpinan di institut pada malam Ahad. Puncak acara hari santri akan diadakan pada hari Ahad tanggal 22 Oktober 2023 dengan diadakannya apel hari santri bersama selurus sivitas akademika IAIN Ponorogo bertempat di kampus II.

Berita Lainnya