Sosialisasi Kebijakan Pengawasan sekaligus Penandatanganan Komitmen Penguatan Kapabilitas SPI

Menindaklanjuti project penguatan Kapabilitas Satuan Pengawasan Intern, hari ini Senin(23/10/2023) dilaksanakan Sosialisasi Kebijakan Pengawasan di lingkungan IAIN Ponorogo. Sosialisasi dilakukan kepada para pejabat dan stakeholder di IAIN Ponorogo.

Seperti diberitakan sebelumnya, IAIN Ponorogo menjadi salah satu Pilot Project penguatan SPI bersama enam Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri lain. Setelah sebelumnya dilakukan penandatanganan komitmen antara Rektor dengan Inspektoral Jenderal Kemenag Ri. Selanjutnya pada minggu kemarin dilaksanakan pematangan detail-detail strategi penguatan oleh SPI IAIN Ponorogo bersama Tim Itjen.

Kolaborasi tim tersebut merumuskan beberapa dokumen yang menjadi instrumen kebijakan dalam penguatan SPI. Hari ini dilaksanakan sosialisasi mengenai kebijakan pengawasan tersebut.

Acara dibuka oleh Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terimakasih sehingga acara penguatan SPI ini bisa berjalan dengan baik. Melalui penguatan SPI, beliau berharap agar kemudian kepengawasan lembaga-lembaga di IAIN Ponorogo dapat terlaksana dengan baik.

Secara kelembagaan seperti layaknya Itjen sebagai mata dan telinga Kementerian Agama, maka SPI bisa menjadi mata dan telinga untuk rektor. Oleh karenanya SPI secara kelembagaan perlu dikuatkan.

Ibu Melia Fauziah, selaku Pengendali Teknis Tim Itjen Kemenag RI di IAIN Ponorogo menyatakan dengan memperkuat SPI bisa menjadikan perguruan tinggi menjadi akuntabel. Beliau menilai, untuk menjadi PTKN yang unggul maka diperlukan langkah-langkah strategis. Salah satunya adalah tata kelola yang baik.

Selanjutnya menurut beliau, bahwa SPI yang kuat tidak boleh hanya bergantung pada personil yang ada di dalamnya. Melainkan SPI harus kuat secara sistem lembaga. Penguatan melalui kelembagaan perlu terus dikembangkan. Oleh karenanya komitmen penguatan SPI ini harus disebarluaskan dan melibatkan semua anggota dan Lembaga.

Drs. H.M. Muhsin, M.H, Kepala SPI IAIN Ponorogo menyatakan rasa terimakasih kepada semua pihak. Atas project penguatan SPI ini. Terlebih rasa terimakasih kepada tim dari Itjen yang selama ini mendampingi dalam pembuatan dokumen sebagai alat penguatan SPI.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan beberapa dokumen yang telah dirumuskan menjadi komitmen bersama dalam penguatan SPI. Penandatanganan dilakukan oleh pimpinan dan pejabat di lingkungan IAIN Ponorogo.

Dilaksanakan juga pembacaan deklarasi penguatan SPI. Dipimpin Dr. H. SAMSI, M.M.. Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Ponorogo. Ditirukan oleh semua pejabat yang hadir. Selanjutnya juga dilaksanakan penandatangan pada papan, sebagai bentuk dukungan bersama untuk terus mendukung penguatan terhadap SPI di IAIN Ponorogo. (SY)

Berita Lainnya