Pentingnya penguatan kapabilitas SPI di IAIN Ponorogo

Bagaimana pentingnya penguatan kapabilitas Satuan Pengawasan Intern di IAIN Ponorogo diungkapkan oleh Bapak Adhe, selaku Ketua Tim Penguatan Kapabilitas di IAIN Ponorogo. Dari apa yang telah dilakukan tim SPI IAIN Ponorogo bersama Tim Itjen, tujuannya adalah menguatkan SPI sehingga mampu mengimplementasikan langkah pengawasan sesuai standart. Berikut rangkuman dari wawancara kita kepada Ketua Tim Penguatan Kapabilitas di IAIN Ponorogo tersebut.

“Tapi di samping itu, bagi kami di Inspektorat Jenderal, kalau SPI semakin kuat maka mitra strategis kami menjadi lebih berkualitas. Dalam arti menjadikan beban pengawasan di inspektorat nantinya akan menjadi lebih mudah” Ungkap Bapak Ade.

Disinggung mengenai bagaimana hasil pemetaan kapabilitas SPI pada IAIN Ponorogo, bapak Ade menjelaskan mengenai beberapa data yang didapat yang selanjutntya nanti bisa menjadi acuan untuk melakukan strategi penguatan. “Hasil pemetaan. Di peta awal, maka hasilnya masih belum maksimal. Maka di tahapan inilah nanti kita coba kembangkan itu, perbaiki apa yang kurang dan ditingkatkan.“ lanjut beliau.

Lebih lanjut ketika ditanya bagaimana tahapan implementasi program penguatan kapabilitas SPI pada IAIN Ponorogo, bapak Ade menyampaikan rencana yang menjadi strategi penguatan kapabilitas SPI. Dalam strategi tersebut dibuat tahapan rencana ke depan serta langkah apa yang dilakukan. “Yaitu ada dua rencana yaitu rencana lima tahun dan rencana tiap tahunnya. Perangkatnya kita penuhi, SDM kita kembangkan, termasuk masalah anggaran kita hitung” tutup beliau. (SY)

Berita Lainnya