Rektor dan SPI IAIN Ponorogo hadiri Diseminasi & Launching Penguatan Kapabilitas Satuan Pengawas Internal (SPI) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri

IAIN Ponorogo. Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI mengadakan Diseminasi & Launching Penguatan Kapabilitas Satuan Pengawas Internal (SPI) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri PTKN. Diseminasi ini adalah kegiatan penyebaran dari program penguatan kapabilitas SPI pada tujuh Pilot Project PTKIN sebelumnya. Acara diadakan di Serpong, Tanggerang (16-17 November 2023).

Seperti diketahui sebelumnya, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI telah melakukan penguatan kapabilitas SPI pada tujuh PTKN Pilot Project. Diseminasi ini adalah penyaluran program tersebut kepada PTKN lain.

Diseminasi ini adalah bentuk terobosan yang bagus dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI dalam penguatan SPI di PTKN. Bagaimana fungsi dan tugas SPI di PTKN perlu dikuatkan guna membentuk tata kelola yang bagus di PTKN.

Kegiatan Diseminasi & Launching Penguatan Kapabilitas Satuan Pengawas Internal (SPI) Perguruan Tinggi Negeri tahun 2023 ini dihadiri oleh Dr. H. Faisal Ali Hasyim, S.E., M.Si. CA. CSEP., Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, dan Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Kementerian Agama RI.

Hadir Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. beserta Ketua dan Sekretaris SPI IAIN Ponorogo. Beliau bersama dengan Itjen Kemenag RI dan 27 Rektor beserta SPI PTKN yang lain berkomitmen bersama menguatkan kapabilitas SPI.

Dr. H. Faisal Ali Hasyim menyampaikan, Perubahan paradigma SPI menjadi fungsi problem solver dan generator motivasi bagi peningkatan tata kelola keuangan merupakan sebuah langkah revolusioner. Itjen berkomitmen untuk mendukung peran SPI sebagai garda terdepan dalam menjaga akuntabilitas dan transparansi di lembaga-lembaga pendidikan tinggi. “Kami mengapresiasi kehadiran semua pihak yang turut serta dalam proses perumusan terobosan ini, termasuk narasumber dari KPK dan BAN PT. Kolaborasi ini membuka jalan bagi langkah-langkah konkrit dalam memajukan kualitas PTKN”. Kata Dr Faisal.

Berita Lainnya