Pengelolaan Sampah yang baik menuju UIN Ponorogo Hijau

IAIN Ponorogo terus berkomitmen dalam menjaga dan merawat lingkungan. Salah satu yang menjadi fokus adalah pengelolaan sampah. Lingkungan kampus IAIN ponorogo menjadi salah satu sarana publik yang tentu didapat sampah setiap harinya.

Pimpinan IAIN Ponorogo berkomitmen penuh dalam pengelolaan sampah yang baik. Salah satu yang dilakukan sebagai upaya ini adalah mengadakan Pembinaan Pengelolaan Sampah bagi Sivitas Akademika IAIN Ponorogo. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Pascasarjana IAIN Ponorogo, 18 November 2023. Diikuti oleh Office boy OB, petugas taman, dan lainnya yang merupakan garda terdepan dalam hal penanganan sampah di IAIN Ponorogo.

Menghadirkan Budi Santoso, CV. Budi Recycle Partner. Profesional yang bergerak dalam bidang pengelolaan sampah melalui pemanfaatan sampah sebagai bahan baku daur ulang. Acara dihadiri oleh teman-teman OB baik dari kampus I mapunu dari Kampus II.

Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. menyatakan, pengelolaan sampah yang baik merupakan komitmen Rektor, guna bisa mewujudkan Universitas Islam Negeri Ponorog yang hijau nantinya. “Kita secara bersama berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan sampah di IAIN Ponorogo. Sehingga nantinya kampus kita tercinta ini mempunyai tata kelola sampah yang bagus, menjadi kampus yang hijau, nyaman, dan sehat.” Ujar Bu Rektor.

Beliau juga mengapresiasi kerja teman-teman Office Boy dan pengelola taman yang selama ini menjadi garda terdepan dalam penanganan sampah di IAIN Ponorogo. Beliau mengajak kepada semua yang terlibat dalam pengelolaan sampah untuk bisa memperbaiki tata pengelolaan sampah. Lebih lagi nantinya diharapkan memperoleh kemanfaatan dari pengelolaan sampah tersebut.

Asanam Rifa’i, S.T, M.E.Sy Kepala Subbagian Tata Usaha, Perlengkapan, dan Rumah Tangga Bagian Umum dan Layanan Akademik Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Ponorogo menyatakan terimakasih kepada Pimpinan IAIN Ponorogo, yang telah berkomitmen atas pengelolaan sampah yang baik di lingkungan IAIN Ponorogo sehingga kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik. Beliau berharap dengan kegiatan ini nantinya didapat ilmu yang bermanfaat dan bisa memberikan dampak yang bagus bagi IAIN Ponorogo.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Budi Santoso, CV. Budi Recycle Partner. Bapak Budi menyampaikan banyak hal mengenai tata kelola sampah. Mulai dari bagaimana sampah tersebut diambil, dipilah, sampai pada pemanfaatan dari sampah tersebut. Salah satu yang menjadi bagian penting dari materi ini adalah bagaimana sampah itu bisa didaur ulang dan diambil pemanfaatannya. IAIN Ponorogo bisa mempunyai Tempat Pembuangan Sampah TPS yang bagus dimana pada TPS tersebut juga disiapkan fasilitas untuk pengelolaan sampah yang baik. (SY)

Berita Lainnya