Rektor Ikuti Paparan BAN PT, Mewujudkan Good University Governance Melalui Peningkatan Akreditasi PTKN

Pendidikan Tinggi, khususnya dalam hal ini Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dituntut untuk terus memberikan pelayanan pendidikan yang baik. Pelayanan pendidikan itu mulai dari kegiatan yang bersifat akademis maupun non akademis. Salah satu hal yang menjadi pedoman dalam peningkatan layanan pendidikan dimulai dari tata kelola kelembagaan yang baik di PTKN.

Good University Governance (GUG) saat ini menjadi salah satu konsep yang terus digaungkan menuju pelayanan pendidikan yang baik. Implementasi GUG diyakini bisa meningkatkan pelayanan pendidikan akademik dan non akademik sehingga mampu memberikan penyelenggaraan pendidikan prima.

Salah satu cara guna mewujudkan GUG tersebut adalah melalui akdreditas PTKN. Hal tersebut diterangkan oleh Prof. Dr. Slamet Wahyudi, Anggota Dewan Eksekutif BAN PT Bidang Pengembangan instrumen dan Asesor. Pemaparan tersebut disampaikan di depan para rektor PTKN dan pejabat tinggi PTKN lainnya dalam Diseminasi & Launching Penguatan Kapabilitas Satuan Pengawas Internal (SPI) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal Kemenag RI, 17 November 2023 di Jakarta

Hadir dalam kegiatan ini adalah Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. beserta dengan Tim Satuan Pengawasan Intern (SPI) IAIN Ponorogo. SPI menjadi penting dalam tata kelola di PTKN seperti yang selama ini dijelaskan oleh Inspektorat Jenderal Kemenag RI.

Prof. Dr. Slamet, Anggota Dewan Eksekutif BAN PT Bidang Pengembangan instrumen dan Asesor menyampaikan banyak hal mengenai Akreditasi PTKN. Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi atas dasar kriteria yang mengacu pada SN Dikti.

IAIN Ponorogo sebagai salah satu PTKIN terus memperbaiki Akreditasi. Hal tersebut guna mewujudkan Good University Governance (GUG). Setidaknya pada tahun 2024 mendatang ada beberapa agenda yang harus dilakukan terkait akreditasi program studi.

Berita Lainnya