Plantapo, Mahasiswa Tadris IPA Beri Label Tanaman di IAIN Ponorogo

IAIN Ponorogo – Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Semester III Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo selenggarakan Launching papan Lebel Pohon di IAIN Ponorogo, Jumat, 15 Desember 2023. Kegiatan ini mereka namakan Plantapo.

Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan di halaman Gedung Rektorat Kampus I IAIN Ponorogo, dalam menyampaikan sambutannya Dr. H. Moh. Munir, Lc., M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan inisiasi mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

“Saya ucapkan terima kasih kepada mahasiswa-mahasiswi tadris ilmu pengetahuan alam semester III yang telah berinisiasi untuk memberikan lebel nama pohon di lingkungan IAIN Ponorogo, dan selanjutnya akan kami serahkan ke pihak rektorat.” Ujarnya

Dikesempatan yang sama Prof. Dr. Miftahul Huda, M.Ag. selaku wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama menyambut baik kegiatan ini, menurutnya kegiatan ini sejalan dengan roadmap IAIN Ponorogo menuju Green Campus.

“ini merupakan ikhtiar awal yang harus dilanjutkan untuk pengembangan menjadi green campus, salah satunya dengan pemberian lebel nama pada setiap pohon yang ada di lingkungan IAIN Ponorogo.” Ucapnya.

Dalam kesempatan yang lain Dr. Wirawan Fadly, M.Pd. selaku ketua jurusan Tadris Ilmu pengetahuna Alam menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa IAIN Ponorogo bisa mengetahui keaneka ragaman hayati yang ada di IAIN Ponorogo, yang sudah kita digitalisasi sehingga informasinya dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Ulinnuha Nur Faizah selaku dosen pembimbing menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari matakuliah anatomi dan fisiologi makhluk hidup, “Plantapo merupakan singkatan dari Plantae yang artinya tumbuhan IAIN Ponorogo.” Jelasnya.

Kegiatan ini dimulai dengan identifikasi tanaman yang ada di IAIN Ponorogo, kemudian di deskripsikan tanaman tersebut mulai dari jenis tanaman, lokasi, titik koordinat dan lain sebagainya. Setelah itu kita lakukan digitalisasi melalui website sehingga kita ambil QR, dan QR ini yang akan tercamtum di label akrilik yang ditanam. ARS

 

Berita Lainnya