Rektor IAIN Ponorogo hadiri Evaluasi PMB Nasional PTKIN 2023 sekaligus Persiapan PMB Nasional PTKIN Tahun 2024

Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. hadiri Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Nasional PTKIN 2023 sekaligus Persiapan PMB Nasional PTKIN Tahun 2024. Acara digelar di Jakarta, 14-15 Desember 2023. Kegiatan ini diinisiasi oleh Panitia Nasional PMB-PTKIN sebagai bentuk perbaikan dan meningkatkan PMB tahun 2024 mendatang.

Di hadapan para Pimpinan PTKIN, Panitia Nasional PMB-PTKIN menyampaikan beberapa hal terkait dengan Penerimaan Mahasiswa Baru di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ini. Dimulai dengan persentase calon mahasiswa berdasarkan jenis kelain, jenis sekolah, sekaligus persebarannya di wilayah Indonesia. Kemudian juga dilaporkan beberapa hal yang menjadi kendala yang ditemukan di lapangan.

Dapat dilaporkan bahwa pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN tahun 2023 lalu secara keseluruhan sudah berjalan dengan lancar. Namun demikain ada beberapa catatan dalam evaluasi ini untuk bisa dilakukan perbaikan-perbaikan.

Ada beberapa catatan dalam evaluasi ini. Yang pertama adalah menurunnya jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar di PTKIN secara keseluruhan. Hal ini mendorong untuk bisa dilakukan beberapa cara dalam peningkatan jumlah pendaftar tersebut.

Catatan lain adalah perlu adanya penguatan dalam sektor IT, pengembangan mengenai soal yang diujikan serta pengembangan khusus soal untuk calon mahasiswa tuna netra. Kesemua hal ini merupakan ikhtiar dari PTKIN dalam memberikan layanan yang baik kepada para calon mahasiwa.

Berita Lainnya