Rektor, Wakil Rektor III, dan Kabiro AUAK IAIN Ponorogo hadiri Konsenyering Alih Bentuk Kelembagaan PTKIN

Jakarta, 16 Desember 2023. Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. beserta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. Miftahul Huda, M.Ag. dan Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan, Dr. H. Samsi, M.M hadiri hadiri Konsenyering Alih Bentuk Kelembagaan PTKIN.

Kegiatan bertajuk Konsinyering Alih Bentuk Kelembagaan IAIN Metro menjadi UIN. Konsinyering ini dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis). dan Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. Direktur Diktis Kementerian Agama RI.

Kegiatan ini juga dihadiri sembilan PTKIN lain yang akan beralih status dari IAIN menjadi UIN. Seperti diketahui bersama, ada sembilan PTKIN yang akan beralih status menjadi UIN.

Ada beberapa fokus dalam konsinyering proses alih status ini. Beberapa hal tersebut penting untuk segera dilakukan. Yang pertama adalah menyiapkan draft statuta dan struktur organisasi perubahan kelembagaan. Kemudian mengenai perampingan struktur wakil dekan di Fakultas. Hal lain adalah memasukkan Rumah Moderasi Agama kedalam ortaker termasuk posisi unit, memperkuat distingsi perubahan kelembagaan yang dilakukan, dan merencanakan pusat kajian dan pengembangan prodi yang lebih aplikatif dan futuristik.

Selain itu juga perlu dilakukan perubahan bentuk dengan mempersiapkan dan memperhitungkan banyak hal seperti pada pelayanan, perencanaan, ortaker, kualitas, dan sebagainya.

Di sisi lain, upaya layanan juga perlu disiapkan dengan Pembentukan Unit Layanan Disabilitas (ULD), Unit Layanan Perpustakaan, Pusat Pengelolaan Arsip, Unit Penunjang Akademik.

 

 

 

Berita Lainnya