Manajemen Resiko Organisasi, IAIN Ponorogo Susun Peta Risiko 2024 Tingkat Satker

Ponorogo, 19 Desember 2023 – IAIN Ponorogo mengadakan Rapat Koordinasi Penyusunan Peta Risiko tingkat Satuan Kerja (Satker) untuk tahun 2024. Acara yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, dari 18 hingga 20 Desember 2023, ini diharapkan menjadi titik balik dalam penyempurnaan manajemen risiko organisasi.

Rapat kali ini dibuka oleh Kepala Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan Dr. H. Samsi, M.M. dan dilanjutkan dengan sambutan Rektor IAIN Ponorogo Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. Dalam kesempatan kali ini Kepala SPI (Satuan Pengawasan Intern) Drs. M. Muhsin, M.H. memberikan penjelasan umum mengenai penyusunan peta risiko yang menjadi fondasi penting dalam manajemen risiko organisasi.

Selanjutnya dilakukan sesi kerja yang dibagi ke dalam beberapa kelompok dan dibimbing langsung oleh Kepala SPI dan Sekretaris SPI. Setiap kelompok yang telah dibagi akan bertanggung jawab untuk merancang peta risiko yang spesifik bagi area kerja mereka, dengan kerangka waktu yang telah ditetapkan.

Kegiatan kali ini menetapkan prosedur yang sesuai terkait dengan penyelesaian tugas. Setiap kelompok diharuskan menyelesaikan tugas yang telah diberikan, bagi yang belum selesai pada hari Senin dapat dilanjutkan dengan mengirimkannya melalui link yang disediakan paling lambat pada hari Selasa, pukul 23:59.

Team SPI akan melakukan review terhadap setiap hasil kerja kelompok yang telah dikumpulkan pada hari Rabu 20 September 2023. Selain itu team SPI juga bersedia untuk melakukan sesi konsultasi mendalam mengenai penyusunan peta resiko pada hari Selasa terhadap semua kelompok yang membutuhkan arahan lebih lanjut.

Kegiatan ini dapat menunjukkan komitmen IAIN Ponorogo dalam meningkatkan kualitas penerapan manajemen risiko dan pengendalian intern, yang tidak hanya penting bagi pencapaian tujuan organisasi tapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. (NH/ARS) 

Berita Lainnya