Ponorogo Halal Center IAIN Ponorogo Gelar Monitoring dan Evaluasi P3H di KUA Bendungan Trenggalek

Ponorogo – Ponorogo Halal Center (PHC) IAIN Ponorogo kembali mengukuhkan komitmen mereka dalam menjaga kualitas produk halal dengan mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap Pendamping Proses Produk Halal (P3H). Acara ini berlangsung pada Senin, 18 Desember 2023, di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan  Bendungan, Kabupaten Trenggalek.

Pada kesempatan ini, P3H yang menjadi fokus adalah Arsiah, seorang Penyuluh Agama di KUA Bendungan yang telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam mendukung proses sertifikasi halal. Arsiah berhasil mendampingi para pelaku usaha hingga mampu mengantongi 234 Sertifikat Halal (SH) melalui kerja keras selama kurang lebih 6 bulan dan komitmennya untuk mendampingi pelaku usaha yang tak kenal lelah.

Tim PHC yang terdiri dari 5 orang, berkunjung ke KUA Bendungan untuk melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi. Kepala KUA Bendungan Bapak Abdul Manaf menyambut hangat kedatangan tim PHC dan menjelaskan berbagai hal terkait tugas dan tanggung jawab P3H dalam mendampingi proses sertifikasi halal bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut. Beliau juga menyampaiakn bahwasannya Di Kecamatan Bendungan hanya terdapat 1 orang Pendamping PPH saja, yakni Bu Arsiah yang merupakan Penyuluh Agama di KUA Bendungan. Beliau berharap semoga nantinya PHC bisa merekrut banyak pendamping, penyelia, atau Pelaku Usaha di Kecamatan Bendungan guna mewujudkan program BPJPH ini.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dari P3H, khususnya Arsiah, terkait tugasnya dalam mendampingi para Pelaku Usaha (PU) agar mendapatkan Sertifikat Halal. Dalam pertemuan tersebut, Arsiah berbagi pengalamannya dan memberikan gambaran tentang tantangan dan hambatan yang dihadapinya dalam menjalankan tugas tersebut.

Arsiah menyampaikan tekadnya untuk terus mendampingi PU di wilayah kerjanya dengan harapan dapat mencapai target 100% PU yang memiliki Sertifikat Halal. “Saya berkomitmen untuk terus memberikan dukungan maksimal kepada para Pelaku Usaha agar mereka dapat memenuhi standar halal dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk-produk mereka,” ujar Arsiah.

Pada akhir kegiatan, tim PHC memberikan apresiasi tinggi kepada Arsiah atas dedikasinya dalam mendukung program sertifikasi halal. Dalam kesempatan ini Bapak Yudhi menyampaikan harapannya agar semangat dan kinerja positif yang ditunjukkan oleh Arsiah dapat menjadi inspirasi bagi P3H lainnya di berbagai wilayah. Acara ini menjadi wujud nyata dari upaya PHC IAIN Ponorogo dalam menjaga keberlanjutan dan kualitas produk halal di masyarakat.

Berita Lainnya