AL Millah adakan Launching Majalah dan Seminar Pencegahan Pernikahan Dini

Selasa, 19 Desember 2023 bertempat di Graha Watoe Dhakon IAIN Ponorogo diadakan Launching Majalah  dan Seminar. Kegiatan ini diadakan oleh Al Millah, Lembaga Pers Mahasiswa. Pada kesempatan ini, Al Millah melaunching majalah dengan tema “Pernikahan Anak Ancam Generasi Muda”. Sedangkan Seminar dengan tema “Urgensi Edukasi Tentang Seksualitas Dalam Pencegahan Pernikahan Anak”.

Acara dihadiri oleh Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. dan juga Wakil Rektor III Prof. Dr. Miftahul Huda, M.Ag. serta pemateri seminar dan mahasiswa IAIN Ponorogo.

 

Kegiatan launching majalah Al Millah Edisi ke-40 ini mengambil “Pernikahan Anak Ancam Generasi Muda”. Pengambilan tema tersebut bukan tanpa alasan. Fenomena pernikahan anak yang semakin tinggi angkanya, khusunya di wilayah Ponorogo menjadi perhatian tersendiri. Dampak-dampak dari pernikahan anak tersebut cukup banyak, mulai dari segi sosial maupun Pendidikan. Hal ini yang menjadi fokus liputan Majalah Al Millah edisi Ke-40 ini.

Kegiatan berikutnya adalah Seminar dengan tema “Urgensi Edukasi Tentang Seksualitas Dalam Pencegahan Pernikahan Anak”. Tema ini sengaja dipilih karena Pendidikan seksualitas selama ini masih dianggap tabu oleh beberapa pihak. Pendidikan seksualitas ini merupakan awal dari pencegahan pernikahan anak.

Seminar ini diisi oleh dua pemater. Pemateri pertama adalah dr Farid Nurdiansyah, Sp.OG. Spesialis Kandungan RSU Muslimat Ponorogo. Kemudian Pemateri kedua adalah Walida Asitasari, M.Psi. Dosen Psikologi IAIN Ponorogo. Adapun yang menjadi materi pada seminar ini adalah edukasi mengenai seksualitas dan penyebab munculnya pernikahan anak beserta dampaknya.

Berita Lainnya