Rektor IAIN Ponorogo : Peran Perempuan Penting dalam Membangun Semangat Moderasi.

Peringatan hari ibu yang diperingati pada 22 Desember setiap tahunnya bisa menjadi menjadi momentum penting mengenai sosok ibu dan perempuan. Hal tersebut terkait pderan dan posisinya yang selama ini dianggap menjadi nomor dua setelah laki-laki. Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag mengatakan bahwa peran perempuan itu penting. Salah satunya adalah dalam membangun semangat moderasi. Hal tersebut diungkapkan beliau pada Seminar Nasional Peran Perempuan dalam Membangun Spirit Moderasi di Indonesia. Acara digelar di STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, 22 Desember 2023 silam.

Pada seminar yang dilaksanakan bertepatan dengan hari ibu ini, Rektor IAIN Ponorogo pertama mengajak kepada peserta yang hadir yang dalam hal ini adalah kaum perempuan, untuk  bisa berani menepis citra bahwa kaum perempuan masih di belakang kaum laki-laki. Beliau menjelaskan bahwa kaum perempuan mempunyai keistimewaan tersendiri yang sejatinya tidak kalah dengan kaum laki-laki. Keistimewaan kaum perempuan yang apabila diterapkan dengan baik maka akan membentuk harmoni yang indah dalam kehidupan ini.

 

“Tantangan saat ini adalah bagaimana kita mampu untuk menepis bahwa kaum perempuan itu adalah manusia yang kedua, tetapi sebenarnya kaum perempuan tersebut mempunya beberapa hal keistimewaan. Apabila itu dikeluarkan dan diterapkan maka sebenarnya kekuatannya sama dengan kekuatan laki-laki” kata beliau.

Lebih lanjut, Rektor IAIN Ponorogo itu menggaris bawahi bahwa keistimewaan tersebut bukanlah untuk menandingi dari laki-lakim namun untuk bisa saling mengisi dan saling berbagi. Kemudian beliau juga menjelaskan bahwa keharmonisan serta peran perempuan begitu penting dalam kehidupan masyarakat ini salah satunya adalah dalam membangun spirit moderasi beragama.

Pada acara ini juga dilakukan penandatangan kesepahaman dan kerjasama antara IAIN Ponorogo dengan di STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Dalam hal ini Rektor IAIN Ponorogo, Dr. H. Evi Muafiah, M.Ag dan Ketua STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Prof. Dr. I Gede Suwindia, M.A berkomitmen bersama dan bekerja sama dalam upaya membangun kemajuan masyarakat. (SY)

 

Berita Lainnya