Rektor beserta Sivitas Akademika IAIN Ponorogo Ikut serta membangun bangsa dengan datang ke TPS mencoblos pada Pemilu 2024

Rabu, 14 Februari 2024. Indonesia ini sedang mengadakan hajat besar, yaitu pesta demokrasi dalam Pemilu 2024. Ada lima pemilihan yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Akan dipilih lima pemimpin dalam lima pencoblosan tersebut.

Segenap Sivitas Akademika IAIN Ponorogo turut serta aktif dalam pesta demokrasi ini. Dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan mencoblos lima jenis pemilihan. Ini merupakan bentuk keikutsertaan dalam membangun bangsa ini. Nampak dokumentasi dari beberapa pimpinan datang ke TPS dan mengikuti Pemilihan Umum ini.

Warga negara Indonesia tentu diharapkan dapat ikut serta menyalurkan hak suara untuk bisa bersama-sama menentukan pemimpin bangsa. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui mengapa kita harus terlibat aktif dalam proses Pemilu.

Selain itu, banyak juga dari Sivitas Akademika IAIN Ponorogo mulai dari tenaga kependidikan hingga mahasiswa yang turut serta menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Tugas KPPS adalah Panitia Pemungutan Suara untuk melaksanakan pemungutan suara di TPS. Mereka merupakan ujung tombak terdepan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 ini.

Pemilu sudah selesai dalam tahap pemungutan suara. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan baik, semoga ini bisa menghasilkan pemimpin bangsa yang dapat membawa Indonesia semakin lebih maju.

Kontribusi Menjaga Pemilu Tahun 2024

Sementara itu, dilansir dari Fasya Media Center syariah.iainponorogo.ac.id, Bawaslu Ponorogo dengan Fakultas Syariah IAIN Ponorogo melakukan sinergitas dengan menerjunkan dosen, staf fakultas dan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo untuk menjadi Pemantau Independen. Sebanyak 45 orang yang terdiri dari 10 dosen, 2 staf fakultas dan 33 mahasiswa Fakultas Syariah melaksanakan tugas pemantauan Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing tim. Tim pemantau ini penuh semangat dan dedikasi mengabdi untuk negeri sebagai upaya mensukseskan Pemilu dan memberikan angin segar yang membawa bangsa dan negara ini lebih baik lagi.


Hasil pemantauan dari Tim Fakultas Syariah IAIN Ponorogo menunjukkan bahwa secara umum beberapa lokasi yang dijadikan objek pemantauan pemilu dapat dikatakan berjalan dengan lancar meskipun tentu ada beberapa kendala teknis yang terjadi. Namun hal tersebut dapat diselesaikan secara baik oleh masing-masing komponen yang ada dabn berwenang sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan sesuai dengan aturan dan jadwal yang telah ditentukan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Kita bersama tinggal mengawal dan menunggu hasil akhir yang akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena sampai saat ini proses pemilu belum selesai dan seluruh penyelenggara pemilu masih bekerja sesuai dengan kewenangannya masing-masing. Semoga pesta rakyat ini membawa kebaikan bagi negara dan bangsa Indonesia. (sumber: Fasya Media Center syariah.iainponorogo.ac.id)

Berita Lainnya