Rektor IAIN Ponorogo : Bulan Ramadhan harus bermanfaat bagi orang lain

Rektor IAIN Ponorogo, Prof . Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. membuka kegiatan rutinan Buka Bersama & Kultum yang diadakan UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo. Seperti tahun-tahun sebelumnya, UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo adakan kegiatan Buka Bersama & Kultum selama bulan Ramadhan.

Selasa, 12 Maret 2024 hari pertama Ramadhan 1445 H kegiatan tersebut dihadiri sekaligus dibuka langsung oleh Rektor IAIN Ponorogo, Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. acara berlangsung di Masjid Ulin Nuha Kampus I IAIN Ponorogo.

Pada tahun ini, kegiatan Buka Bersama & Kultum selama bulan Ramadhan juga diadakan di Masjid Darussalikin Kampus II IAIN Ponorogo.

Sebelumnya acara dibuka dan dipandu oleh Fadya Septia Putri, anggota UKM UKI Ulin Nuha dari divisi Kaderisasi dan Muchtar Arofat, Ketua Umum UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo. Kegiatan ini dihadiri oleh segenap mahasiswa mahasiswi IAIN Ponorogo dan juga khalayak umum.

Rektor IAIN Ponorogo, Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. dalam pembukaan sekaligus Kultum pada kegiatan tersebut, pertama menyampaikan rasa Syukur atas bertemunya kembali dengan bulan suci Ramadhan 1445 H ini. Kemudian beliau mengingatkan mengenai amanat selama ini tentang acara rutin Buka Bersama dan Kultum yang istiqomah setiap tahunnya diadakan oleh UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo. Beliau mengapresiasi kegiatan ini, yang secara rutin dilakukan termasuk pada tahun ini.

Kegiatan seperti ini juga sebagai wadah untuk bersededakah kepada orang lain. Rektor IAIN Ponorogo menyampaikan bahwa sebaiknya pada bulan Ramadhan ini mampu bermanfaat kepada orang lain. Salah satunya dalam bentuk kegiatan rutin semacam ini. “Kegiatan semacam ini memiliki tujuan yakni adanya niat bersedekah di bulan suci ramadhan guna bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan”, ungkap beliau.

Tujuan dan kemanfaatan lain dari kegiatan ini adalah pengurus UKM UKI Ulin Nuha bisa belajar untuk berkultum atau berbicara di khalayak umum, supaya bisa menjadikan diri lebih berkembang.

Setelah acara kultum tersebut, dilanjutkan dengan buka bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan sholat berjamaah. Pada malam harinya, setelah sholat tarawih, UKM UKI ULin Nuha juga melakukan tadarus bersama.

Berita Lainnya