Penjelasan Rejeki dan Ilmu, Kultum dan Buka Bersama Hari Ketiga.

Rutinan kegiatan Kultum dan Buka Bersama UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo terus dilanjutkan. Kamis. 14 Maret 2024 kegiatan ini memasuki hari ketiga Ramadhan 1445 H. Acara berlangsung di dua lokasi yaitu di Masjiid Ulin Nuha Kampus I IAIN Ponorogo dan Masjid Darussalikin Kampus II IAIN Ponorogo.

 

Pada lokasi pertama kegiatan Kultum dan Buka Bersama di Kampus I IAIN Ponorogo dibawakan oleh Faiz Ukhrowi. Faiz membawakan kultum dengan tema Keutamaan Ilmu.

Menurut Faiz dalam kultumnya, ilmu dalam terminologi bahasa Arab adalah pengetahuan yang mendalam atau pengetahuan hakikat sesuatu. Sedangkan dalam ensiklopedi Islam dinyatakan bahwa ilmu bersal dari bahasa Arab „ilmu yang berarti pengetahuan, merupakan lawan kata dari jahl yang berarti ketidaktahuan atau kebodohan.

Selanjutnya Fais menjelaskan salah satu keutamaan dari menuntut ilmu. Menurut Islam, salah satu keutaman menuntut ilmu diantaranya akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT dan dimudahkan jalan untuk menuju ke surga.

Masjid Darussalikin Kampus II IAIN Ponorogo. Kultum dibawakan oleh Saudari Litha Kurnia. Membawakan kultum dengan tema rejeki. Saudari Litha pertama menejlaskan bahwa rejeki adalah bagian dari keuntungan atau penghasilan. Rejeki adalah kenikmatan, keberkahan, karunia yang diberikan kepada Allah SWT pada hamba-Nya.

Selanjutnya Litha menjelaskan bahwa rejeki telah ditetapkan semenjak manusia berada di dalam kandungan, tetapi Allah SWT tidak menjelaskan secara detail bagaimana rejekinya. Tidak ada seorang manusiapun yang mengetahui pendapatan rezeki yang akan ia peroleh pada setiap harinya ataupun selama hidupnya.

Litha kemudian juga mengingatkan bagaimana cara yang paling utama untuk memperoleh rejeki menurut Islam adalah dengan usaha atau kerja. Baik di dalam Alquran maupun al-Sunnah terdapat pernyataan tentang keharusan dan keutamaan bekerja. Sedangkan ulama salafus salih menjelaskan, jika ingin  banyak diberikan rezeki bacalah surat al-Wȃqi‟ah.

Acara di kedua tempat tersebut selanjutnya dilanjutkan dengan buka bersama, sholat magrib berjamaah. Kemudian setelah sholat isya dilaksanakan sholat tarawih dan dilanjutkan dengan tadarus Al Qur’an.

 

 

Berita Lainnya