Keutamaan Tauhid dan Sholat Tahajud. Kultum dan Buka Bersama UKI Ulin Nuha

Rutinan kegiatan Ramadhan, kultum dan buka bersama yang dilaksanakan oleh UKM UKI Ulin Nuha berlanjut dihari berikutnya. Selasa 19 Maret 2024 bertempat di Masjid Ulin Nuha dan Masjid Darussalikin IAIN Ponorogo.

Kultum hari ini disampaikan oleh salah satu pengurus UKI  yang bertempat di kampus 1 di masjid UKI Ulin Nuha, kultum pada hari ini disampaikan oleh Dwi Fatmawati  mahasiswa  dari Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK). Kultum yang dibawakan bertema  “Keutamaan Tauhid”.  Dalam Kultum yang disampaikan oleh Fatma, kewajiban pertama yang Allah SWT wajibkan kepada umat manusia adalah Tauhid , dan larangan yang Allah SWT larang kepada mereka adalah syirik.

Dalam Surat Al- Baqarah: 21- 22, yang Artinya; “Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang- orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa. Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah- buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu- sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” (QS. Al- Baqarah/2: 21/22)

Allah SWT tidaklah mewajibkan suatu perkara, melainkan terdapat keutamaan- keutamaan yang sangat mulia didalamnya, Diantara Keutamaan- keutamaan tauhid diantaranya;

  1. Tauhid adalah tingkat keimanan yang tertinggi, Rasulullah SAW bersabda, yang Artinya; Iman itu memiliki enam puluh sekian cabang, paling tingginya adalah perkataan/ ucapan Laa Ilaaha Illallah dan paling rendahnya menyingkirkan gangguan dari jalan.” (HR. Muslim)
  2. Tauhid sebagai syarat utama diterimanya semua amal ibadah, Allah berfirman dalam surat Al- An’am ayat 88, yang Artinya; “Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba- hamba-Nya, seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan, “(QS. Al- An’aam/6:88)
  3. Tauhid merupakan sebab utama dihapuskannya dosa; Hal ini didasarkan dalam firman Allah, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendakinya”. (QS. An- Nisa’/4:48,116)
  4. Tauhid merupakan sumber keamanan; “Orang- orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kedzaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang- orang yang mendapat petunjuk. “ (QS. Al- An-aam/6: 82)

Di masjid Darussalikhin Kampus II IAIN Ponorogo juga terdapat kultum dan berbuka bersama yang pada hari ini disampaikan oleh salah satu pengurus UKI yang bernama Mohamad Ngabdur Rozaq dari Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah IAIN Ponorogo  Tema kultum pada hari ini di kampus 2 yakni  “Tentang Sholat Tahajud”

Ngabdur Rozaq menyampaikan Shalat yang dilakukan pada waktu malam disebut dengan shalat tahajud. Shalat tahajud salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Shalat tahajud termasuk shalat Sunnah mu’akkad (shalat Sunnah yang dikuatkan oleh syara’). Shalat tahajud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak- banyaknya tidak terbatas. Shalat tahajud, memiliki banyak keutamaan.

Dan dalam firman Allah Swt, yang Artinya; “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ketempat yang terpuji. “ (QS.Al- Isra’:79)

Ngabdur Rozaq juga menyampaikan waktu- waktu shalat tahajud; sepertiga awal malam itu kira- kira pukul 22.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB, seperdua malam diperkirakan kira- kira pukul 00.00 sampai pukul 01.00 WIB, dan dua pertiga malam sekitar pukul 02.00 WIB atau pukul 03.00 WIB sampai sebelum fajar atau masuk waktu subuh.

Dan disampaikan pula keutamaan Shalat Tahajud;

  1. Dalam pelaksanaan shalat tahajud yang benar yang baik dan benar InsyaAllah akan diangkat derajat dan martabat ketempat mulia dan terpuji.
  2. Tahajud merupakan shalat yang paling diutamakan.
  3. Shalat Tahajud dapat menghapus dosa kepada Allah Swt ketika kita rajin beribadah kepada Allah.
  4. Do’a orang yang Tahajud akan diijabah Allah Swt.
Berita Lainnya