SIAKAD haruslah terus berbenah agar menjadi bank data yang baik. Demikianlah himbauan yang diberikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Bapak Dr. BASUKI, M.Ag. dalam acara pembukaan acara ‘SOSIALISASI UPGRADE SIAKAD’ IAIN Ponorogo di Hotel Grand Bintang Tawangmangu, Selasa – Rabu Tanggal 10-11 September 2019.

Acara Sosialisai Upgrade SIAKAD ( Sistem Informasi Akademik ) IAIN Ponorogo yang dihadiri oleh perwakilan semua unit/bagian yang bersinggungan langsung dengan sistem SIAKAD ini didasarkana pada acara pada sebelumnya mengenai pengembangan-pengembangan apa yang perlu dilakukan untuk terus memperbaikai sistem SIAKAD IAIN Ponorogo. Hal – hal mengenai akademik kemahasiswaan, data dosen, sampai pada perihal keuangan menjadi titik pembahasan pada perbaikan upgrade siakad ini. Lebih lanjut, Pak Bas, sapaan akrab Pak Basuki, Wakil Rektor I ini menekankan agar BIMTEk (Bimbingan teknis) mengenai fitur-fitur tambahan yang telah diupgrade oleh pengembang SIAKAD ini agar dengan penuh seksama dimengerti oleh para peserta sosialisi ini.

Sementara itu, Bapak Drs. H. M. Muhsin, M.H. selaku Plt. Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan juga memberi pengarahan agar informasi upgrade SIAKAD ini dapat diteruskan oleh para peserta ke pihak-pihak yang berwenang dan bersinggungan langsung dengan SIAKAD. Beliau juga memberi apresiasi penuh terhadap acara ini yang merupakan lanjutan dari acara analisa SIAKAD sebelumnya guna terus secara berkelanjutan memperbaiki sistem ini.

Acara sosialisasi yang dihadiri oleh 30 orang dari perwakilan fakultas dan beberapa bagian unit ini mengulas beberapa fitur tambahan pada SIAKAD sebelumnya. Upgrade dan pengembangan ini dilakukan oleh pihak pengembang dari Yogyakarta berdasarkan usulan dan keadaan yang terjadi di lapangan selama ini. Bapak Suyud, S.Kom selaku kepala Subbagian Akademik memberikan ulasan mengenai hal ini, dimana beberapa fitur tambahan pada siakad dibuat agar memaksimalkan semua kinerja kampus IAIN Ponorogo. Muhammad Irfan Ashshidiq, ST selaku perwakilan pengembang teknis lebih lanjut memberikan pengarahan terhadap menu-menu tambahan serta informasi-informasi yang diperlukan dalam menjalankan SIAKAD yang sudah terupgrade ini. Permasalahan-permasalahan sebelumnya yang dijadikan acuan dalam pengembangan ini sehingga diharapkan dapat diperoleh siakad yang lebih komplit dan efisian.

Dalam sosialisasi ini juga membuka usulan-usulan dari peserta dari permasalahan langsung.  Usulan-usulan yang cukup penting muncul sebagai rencanan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan. Banyak usulan-usulan yang diutarakan oleh para peserta sosialisasi ini, secara bergantian mereka memberikan masukan argumentasi dan solusi yang mungkin dikembangkan berdasarkan permasalahan dan kondisi lapangan yang terjadi.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini sebenarnya dirasa belum cukup untuk mengakomodir semua ide yang ada, demikian tambahan pernyataan Bapak Drs. H. M. Muhsin, M.H. Oleh karena itu selanjutnya  beliau memberikan ruang yang cukup terbuka untuk terus diadakan koordinasi dan bekerja bersama semua pihak dalam pengembangan upgrade SIAKAD. Diharapkan dengan adanya acara ini, didapatkan SIAKAD secara berkesinambungan guna dapat mengakomodir semua kebutuhan institut demi kebaikan IAIN Ponorogo kedepannya. (Humas IAIN Ponorogo)

Visit us at:
Website : www.iainponorogo.ac.id
Facebook : IAINPonorogo
Instagram : @humas_iain_ponorogo
Twitter : @Ponorogo_IAIN