Kunjungan Kerja DEMA IAIN Ponorogo ke Kampus PTKIN Se-JATIM

Sejumlah 15 Mahasiwa delegasi DEMA IAIN Ponorogo yang dipimpim secara langsung oleh Ketua DEMA IAIN Ponorogo, Abdillah Mu’izz dan didampingi Pembina UKM beserta Bapak Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Alumni IAIN Ponorogo telah melakukan kunjungan kerja di kampus Perguruan Tinggi keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Jawa Timur. (01-04/09/2021)

Agenda tersebut dilatarbelakangi sebagai usaha untuk mengomparasikan strategi pendirian dan pengembangan Unit  Kegiatan  (UKM) dan Unit kegiatan Khusus (UKK) yang ada di IAIN Ponorogo dengan Kampus lainnya. Adapun kampus yang Tujuannya meliputi Kampus UIN Sayyid Ali rahmatullah Tulungang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN K.H Ahmad Shiddiq Jember dan UIN Sunan Ampel Surabaya. Namun, walaupun dilksanakan di masa pandemi covid-19 seluruh peserta tetap mentaati protokol Kesehatan dengan tertib dan ketat.

 

“Belajarlah jauh kemanapun, maka kalian akan dapat gantinya.. potongan mahfudhot tersebut adalah dorongan semangat DEMA IAIN Ponorogo mengadakan Kunjungan kerja ke Kampus PTKIN Se-Jawa Timur, dan dengan lantaran ikhtiyar tersebut kami berharap akan membentuk peradaban baru di IAIN Ponorogo, khususunya dengan tambahan UKM/UKK baru di IAIN Ponorogo” Ungkap Abdillah Mu’izz selaku ketua DEMA IAIN Ponorogo sekaligus ketua Rombongan.

Kegiatan dilakukan secara road show (berkelanjutan) dimulai dari UIN SATU Tulungagung dengan fokus agenda sharing pengadaan UKM Beladiri Pagar Nusa sebagai salah satu warisan pencak silat NU asli Indonesia. dalam acara Study Kompratif di UIN SATU Tulungagung rombongan disambut meriah secara langsung oleh wakil rektor bidang kemahasiswaan dan Kerjasama alumni dan Ketua DEMA UIN SATU Tulungagung beserta jajaran pengurus DEMA Universitas dan UKM/UKK UIN SATU Tulungagung.

selanjutnya dihari yang sama kunjungan kerja berada di Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang, dengan fokus diskusi pengembangan UKM Bahasa. Kedatangan rombongan di Kampus UIN Maliki disambut dengan begitu hangat oleh pimpinan yang diwakili oleh kepala bagian kemahasiswaan dan Ketua DEMA UIN Maliki beserta jajaran pengurus DEMA Universitas dan Pengurus UKM/UKK UIN Maliki Malang.

Kegiatan kunjungan kerja selanjutnya bergeser ke kampus PTKIN di ujung pulang jawa yaitu UIN K.H Ahmad Shiddiq (KHAS) Jember. Dalam kunjungan kali ini Rombongan datang disambut dengan ramah oleh ketua DEMA UIN KHAS Jember dan pimpinan Universitas.  Agenda di UIN KHAS ini, rombongan memiliki hajat penggalian informasi mengenai UKM keilmuan yang memiliki fokus pengembangan intelektualitas bagi mahasiswa. Hal tersebut akan salah satu penunjang peradaban baru di IAIN Ponorogo.

Kemudian UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi penutup rangkaian kunjungan kerja DEMA IAIN Ponorogo ke Kampus PTKIN Se-Jawa Timur. Dalam suasana nyaman Rombongan disambut oleh pimpinan kampus beserta jajaran pengurus DEMA Universitas dan UKM/UKK UIN Sunan Ampel Surabaya. Kunjungan pungkasan ini membahas mengenai pengadaan UKK Resimen Mahasiswa (MENWA) yang juga akan diadakan di IAIN Ponorogo.

“kunjungan kerja yang dilakukan pengurus DEMA IAIN Ponorogo iktiyar yang kemudian dilanjutkan dengan pengadaan UKM/UKK baru dengan tujuan membuka lebih beragam wadah kreatifitas dan meningkatkan prestasi mahasiswa kita dalam kancah luar kampus sehingga membawa kemajuan bagi IAIN Ponorogo kedepannya” pungkas Asmi Mustaqim, Salah satu Pembina UKM yang ikut mendampingi. (Laporan Dema IAIN Ponorogo)

Berita Lainnya