Menu Tutup

Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Kampus, Rektor IAIN Ponorogo Hadiri Acara Forum Rektor PTKIN Se-Indonesia.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan Indonesia, para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mengadakan acara perkumpulan para rektor atau yang biasa disebut dengan Forum Rektor. Forum rektor dihadiri oleh seluruh rektor dari PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, IAIN Kerinci ditunjuk sebagai tuan rumah dalam acara  tersebut.

Acara berlangsung pada hari Kamis, 16/09/2021 yang dimulai dengan acara FGD di Hotel Grand Kerinci. Peserta FGD ini diantaranya berasal dari Jember, Ponorogo, Pekalongan, Salatiga, Banten, Jakarta, Majene, Pare-Pare, Palu, Gorontalo, Manado, Ternate, Bukittinggi, Palembang, Mandailing Natal, Metro, dan Rektor dari beberapa PTKIN lain yang tersear di seluruh Indonesia. Rektor IAIN Ponorogo Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag, sebagai Rektor dari IAIN Ponorogo juga turut menghadiri acara perkumpulan Forum Rektor se-Indonesia tersebut.

Acara FGD dalam forum rektor dibuka langsung oleh Sekjen Kementrian Agama RI Prof. Nizar Ali, M.Ag via Zoom. Dalam sambutannya, Sekjen Kementrian Agama RI ini menjelaskan bahwa fungsi Forum Rektor ini diantaranya untuk meningkatkan kualitas mutu kampus yang ditandai dengan status akreditasi kampus dan kualitas dosen yang ditandai dengan banyaknya guru besar.

“Forum rektor salah satu tujuannya untuk mendorong peningkatan akreditasi, yang B menjadi A dan yang C menjadi B. Kampus harus mendorong dan memfasilitasi agar dosen-dosen menjadi guru besar”, tutur Prof. Nizar Ali, M.Ag dalam sambutannya.

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa ada forum Warek III yang membidangi kemahasiswaan. Dalam forum tersebut ada beberapa program diantaranya peningkatan kepemimpinan mahasiswa dan pembinaan bakat. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan melakukan redesain kurikulum mengevaluasi dan mengintegrasikan kurikulum dengan kebutuhan sumber daya manusia saat itu.

BERITA TERKAIT

Translate »