Kembangkan Industri Kreatif Kulit, Pascasarjana IAIN Ponorogo bekerjasama dengan Balitbang Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Pascasarjana IAIN Ponorogo bekerjasama dengan Badan Penelitian dan pengembangan (Balitbang) Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk melakukan penelitian strategi pengembangan industri kreatif lintas sektoral. Penelitian ini menyoroti mengenai industri kreatif kulit yang saat ini keadaannya sedang mati suri.

Sebagai tindak lanjut dari penelitian pengembangan ini, Pascasarjana IAIN Ponorogo menggelar Focus Group Discussion (FGD) Strategi Pengembangan Industri Kreatif Lintas Sektor Tahun 2021, Rabu (3/11/2021).

FGD ini dihadiri langsung oleh jajaran Balitbang Pemprov Jatim, diantaranya yaitu Kepala Balitbang Anom Surahno SH M.Si, Sekretaris Balitbang Drs. Teguh Prayitno, M.M. dan Suwanto S.H., M.H. Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Pemprov Jatim.

Turut juga hadir Prof. Dr. Rudi V. Handoko dan Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, M.S. selaku Tim Pengendali Mutu dari Balitbang Pemprov Jatim.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Miftahul Huda, M.Ag Direktur Pascasarjana IAIN Ponorogo. Sementara untuk hasil penelitian disampaikan olh narasumber dari tim penelitian, yaitu Dr. Abid Rohmanu, M.H.I dan Wahid Hariyanto, M.Pd.I serta kawan-kawan.

Melihat kondisi industri kreatif kulit yang saat ini sedang mati suri, menarik untuk dijadikan tema pada penelitian ini.

“Sekarang sedang tidak berdaya, karena itu butuh riset pengembangan dengan melibatkan banyak stakeholders,” ujar Dr. Abid Rohamnu, M.H.I.

Beliau juga berharap, melalui penelitian ini akan menumbuhkan kesadaran bersama dalam meningkatkan dan mengembangkan kerajinan kulit di Ponorogo.

“Ini penting, agar Ponorogo memiliki keunggulan kompetitif di antara wilayah lain utamanya kerajinan kulit dan utamanya reyog,” ungkapnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Direktur Pacasarjana IAIN Ponorogo Dr. Miftahul Huda, M.Ag. karena kegiatan tersebut dapat menjadi kontribusi positif dalam pemulihan ekonomi kreatif pasca pandemi.

Beliau berharap penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat yang baik terhadap peningkatan industri kreatif khususnya untuk wilayah Ponorogo dan Jawa Timur. (Humas IAIN Ponorogo)

Berita Lainnya