Wujudkan Toleransi Beragama, Mahasiswa IAIN Ponorogo Gotong Royong Membersihkan Vihara

PONOROGO – Dalam rangka mewujudkan toleransi beragama di masyarakat, peserta KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat)  moderasi beragama yang bertempat di Dusun Gupit, Desa Bulu Lor, pada hari Rabu (12/07/2023) laksanakan gotong royong bersama masyarakat membersihkan Vihara dan sekitarnya.

Peserta KPM Moderasi Beragama berinisiatif untuk melakukan bersih-bersih lingkungan Vihara yang berdekatan dengan lokasi posko. Saudara Alfian selaku ketua kelompok menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka mempererat toleransi beragama yang sudah tumbuh dan berkembang di masyarakat sekitar. Sekaligus untuk membaur antara peserta KPM dan masyarakat.

“Kegiatan gotong royong ini kami rencanakan guna mengenalkan peserta KPM dengan masyarakat, serta sebagai bentuk mempererat tolerasi beragama yang memang sudah tercipta dan terjaga baik di masyarakat sini,” ucap Alfian.

Usai bergotong royong membersihkan viharasa, peserta KPM dan masyarakat sekitar melakukan diskusi ringan sebagai bahan untuk program kerja yang akan dilakukan. Juga untuk mengenal lebih dekat antara peserta dan masyarakat, supaya para peserta tau akan kegiatan dan keadaan yang ada dimasyarakat. Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat sekitar.

Bapak Misri, selaku Ketua RT 03 menyampaikan bahwa adanya kegiatan KPM di Dusun Gupit, Desa Bulu Lor, merasa senang, antusias, dan berharap peserta KPM dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat sekitar.

“Saya merasa senang dan antusias, apalagi dengan kalian melakukan kegiatan yang terbaik di masyarakat, khususnya di lingkungan Vihara dan nanti bisa merambah ke masyarakat Desa Bulu Lor pada umumnya,” ucap Bapak Misri.

Selain itu, berdasarkan informasi yang didapatkan oleh Bapak Misri bahwa banyak masyarakat yang merasa salut dengan semangat yang diperlihatkan oleh peserta KPM yang telah berjalan selama 3 hari ini.

Selain itu, Bapak Djarno selaku Babinsa Desa Bulu Lor, juga menyampaikan ucapan terima kasih dan berpesan kepada peserta KPM untuk selalu menjaga keamanan barang milik pribadi terutama kendaraan.

“saya mengucapakan terima kasih kepada adik-adik dari peserta KPM tanpa disuruh sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan sini, apalagi tadi melaksanakan kerja bakti pembersihan tempat ibadah umat buddha dan jangan lupa untuk menjaga keamanan sepeda motornya,” ucap Bapak Djarno.

Berita Lainnya