DWP IAIN Ponorogo Sambut Pengukuhan Prof Dr. Agus Purnomo, M.Ag Sebagai Pilar Kecerdasan dan Komitmen Masa Depan Indonesia

Pada Rabu, 17 Januari 2024, Dharma Wanita Persatuan IAIN Ponorogo yang dipimpin oleh Ibu Hesti Kumarawati Miftahul Huda, turut hadir dalam acara pengukuhan Prof Dr. Agus Purnomo, M.Ag. di Graha Wathoe Dhakon IAIN Ponorogo. Profesor Agus Purnomo resmi diangkat sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Islam Fakultas Syariah IAIN Ponorogo.
Dalam sambutannya, Prof. Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag., Rektor IAIN Ponorogo, menyampaikan harapannya Prof. Agus yang merupakan alumni pertama IAIN Ponorogo yang berhasil meraih gelar professor, dapat mendorong percepatan transformasi IAIN menjadi UIN Kyai Ageng Muhammad Besari di tahun 2024.

Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko, S.E., MM., juga menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian Prof Agus sebagai alumni IAIN. Dukungan penuh diberikan untuk meningkatkan kualitas generasi yang berkarakter dan berakhlak karimah di Ponorogo. “Semakin banyak profesor yang lahir dari IAIN Ponorogo, ini keren untuk memperbarui kualitas generasi yang bermartabat,” ucapnya bangga.


Proses pengukuhan Prof. Agus Purnomo dilakukan secara langsung oleh Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI. Beliau berharap agar Prof. Agus dapat berkomitmen menyumbangkan tenaga dan pemikirannya sesuai dengan ilmu yang dimilikinya untuk IAIN Ponorogo, bangsa, dan negara Indonesia.
Dalam pandangan Prof. Zainul Hamdi, masa depan dimiliki oleh orang baik yang mampu menggabungkan kecerdasan, akal, dan hati. Pentingnya peningkatan jumlah Guru Besar, khususnya di bidang Hukum Islam, dianggap sebagai solusi yang dapat mengurai berbagai masalah. Prof. Zainul Hamdi mendorong agar para Guru Besar tidak hanya fokus menulis di jurnal ilmiah, tetapi juga aktif dalam menciptakan konten seperti TikTok, artikel populer, khutbah, dan video agar dapat diakses oleh mahasiswa generasi muda melalui search engine Google.


Dalam menghadapi berbagai konflik antara Islam dan ke-Indonesiaan, Prof. Zainul Hamdi yakin bahwa kecerdasan dan kesantunan Prof. Agus sebagai seorang profesor di bidang Hukum Islam akan menjadi cahaya untuk memberikan penerangan baik bagi masa depan yang akan datang. “Saya percaya dengan kecerdasan Prof Agus dan kesantunan dia, sebagai prof di Bidang Hukum Islam akan menjadi bagian dari tujuan yang kita nyalakan Bersama yang akan memberi penerangan yang baik di masa yang akan datang,” kata Prof. Zainul Hamdi dengan penuh harapan. (ES)

Berita Lainnya